Riau Raya

Bengkalis Belum Terima Daftar Nama Honorer K2

Bengkalis-Kendati Pemerintah Pusat sudah mengumumkan tenaga honor K2 yang lulus PNS melalui website, Rabu kemarin, namun Pemkab Bengkalis setakat ini belum dipanggil dan belum menerima daftar honorer K2 yang dinyatakan lulus menjadi PNS.
 
Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bengkalis, H Noor Alamsyah ketika dihubungi, menyebutkan, pihaknya belum mendapat kabar apapun terkait pengumuman kelulusan K 2. BKD katanya saat ini hanya menunggu, apakah pengumuman dilakukan melalui Panselnas (Panitia Seleksi Nasional) ataukah melalui website Menpan.
 
"Kita belum ada dipanggil oleh pihak Menpan ataupun provinsi untuk mengambil pengumuman kelulusaan K2. Kita saat ini hanya menunggu saja, walau kabarnya kelulusan honorer K2 akan diumumkan kemarin," ujar Alam.
 
Menyinggung tentang nasib para honorer K 2 yang tak lulus menjadi CPNS, Â Alam menyebut jika kemungkinan mereka akan direkrut sebagai tenaga kontrak di lingkup Pemkab Bengkalis. Kendati pemerintah sudah melarang tidak ada lagi tenaga honorer, dalam UU baru tentang Aparatur Sipil Negara, disebutkan jika pegawai negeri itu terdiri dari PNS dan tenaga kontrak.
 
"UU tentang aparatur sipil negara membolehkan adanya tenaga kontrak. Mengacu pada hal ini, para honorer yang tak lulus menjadi PNS ini kemungkinan akan diperkerjakan sebagai tenaga kontrak, yang nantinya kontraknya diperpanjang setahun sekali. Namun semuanya itu tergantung pemerintah pusat juga, kalau diizinkan tenaga honorer itu menjadi tenaga kontrak, ya akan kita alihkan," ungkap Alam, seperti dilansir goriau.
 
Selama ini kata Alam sebagai tenaga honor, mereka juga harus menekan kontrak setiap sekali setahun. Jadi rasanya tak ada masalah jika status honorer itu dilanjutkan menjadi pegawai /tenaga kontrak. Daripada merumahkan mereka yang tak lulus, jelas akan membawa kesenggsaraan bagi mereka.
 
"Kita tunggu nanti juklak dan juknis dari UU Aparatur Sipil Negara. Kalau Pemerintah Pusat mengizinkan dialihkan ke pegawai kontrak, kita akan lakukan itu," ulasnya lagi.(rep05)