Riau Raya

Jelang UN 2014, DNT Siswa Dideadline 27 Februari

PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau memberi batas waktu terakhir (deadline) kepada kabupaten/kota untuk mengirimkan daftar nominal tetap (DNT) siswa yang akan melaksanakan ujian nasional (UN) hingga tanggal 27 Februari mendatang. DNT tersebut berlaku untuk semua jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP/MA hingga SMA/MA/SMK.

Hal ini diungkapkan Kepala Disdik Riau, Hadimiharja usai mengikuti rapat koordinasi (Rakor) Dinas Pendidikan se-Riau di aula Kantor Disdik Riau, Selasa (4/2). Katanya, data yang dikirimkan tersebut berguna untuk pelaporan menyangkut penggandaan naskah soal nantinya. "Kita minta kepada kabupaten/kota agar jangan sampai mengirimkan DNT siswa ikut UN di daerahnya melewati tanggal 27 Februari," ujar Hadi kepada Metro Riau.

Dia mengakui, pertemuan dengan Kepala Disdik se-Riau ini, salah satunya terkait pembahasan UN, karena waktu pelaksanaannya tinggal hitungan bulan saja. Sehingga memerlukan persiapan yang matang. "Kita tak menginginkan adanya persoalan-persoalan dikemudian hari. Makanya, kita berkumpul dan sharing untuk menyamakan persepsi, sehingga bila ada persoalan dapat diminimalisir, seperti terjadi kekurangan naskah soal atau keterlambatan dan lain sebagainya," lanjut Hadi.
     
Hal senada juga Kepala Kanwil Kemenag Riau, Tarmizi Tohor, yang ikut dalam rRakor tersebut. Menurutnya, tahun ini selain dilaksanakan serentak antara madrasah dengan sekolah umum, juga untuk soal disamakan. "Makanya, kita memandang perlu dilakukan koordinasi dengan Disdik, agar pelaksanaan UN di madrasah atau sekolah agama bisa terlaksanaka dengan baik dan lancar," sebutnya.
     
Sementara, Kepala Disdik Rokan Hulu, Mohd Zen yang dikonfirmasi di tempat yang sama mengaku optimis dapat memenuhi deadline yang ditetapkan Disdik Riau tersebut. "Kita optimis bisa mengirimkan DNT siswa ikut UN sebelum tanggal 27 Februari mendatang," ujarnya.

Dia mengatakan, pihaknya sejauh ini sudah mempersiapkan tahapan menjelang UN tersebut. "Usai Rakor ini, besoknya (hari ini, red) kita agendakan pertemuan dengan seluruh kepala sekolah semua jenjang pendidikan, untuk mensosialisasikan terkait pendataan siswa ikut UN di sekolahnya masing-masing, jangan sampai tanggal 27 Februari tersebut," paparnya. (cr01/mtr)