Fokus Rohil

Awas, Rokan Hilir Diancam Meluasnya Kebakaran Lahan

BAGANSIAPIapi-Warga Kabupaten Rokan Hilir, Riau, diimbau mewaspadai kebakaran lahan, karena saat ini cuaca panas hingga lahan mudah terbakar.

"Kami sudah memerintahkan aparat kelurahan dan kecamatan, untuk mengingatkan warga supaya mewaspadai kebakaran hutan," kata Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Rokan Hilir, Suandi, Minggu (28/4) kemarin.

Pernyataan itu terkait sekitar 35 hektar lahan gambut di Kepenghuluan Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir, terbakar. Aparat pemadam kebakaran setempat berupaya menjinakkan si jago merah lebih dari enam jam.

Menurut Suandi, warga supaya waspada karena belakangan ini suhu udara di Rokan Hilir, berdasarkan perkiraan BMKG berkisar 34-36,5 derajat celsius.

Suhu tinggi itu menyebabkan lahan dan ranting pohon serta semak-semak menjadi kering mudah terbakar. Pihaknya sudah mengingatkan penduduk, terutama yang bermukim di dekat hutan, agar tidak membakar lahan ketika membersihkan areal permukiman.

Demikian pula kebiasaan warga membakar saat membuka lahan supaya dihentikan, karena berdampak terhadap kawasan lain dan api dengan mudah menjalar.

Dia mengatakan, pihaknya telah memasang beberapa spanduk di kawasan pemukiman agar ketika membuka lahan tidak dengan cara dibakar. Di spanduk itu juga dituliskan, agar pengendara mobil atau sepeda motor jangan membuang puntung rokok sembarangan sebelum dimatikan.

Petugas Dinas Kehutanan Pemkab Rokan Hilir, siaga penuh selama musim kemarau karena lokasi tersebut rawan terhadap kebakaran. (rep02)