Perlu Angpao untuk Imlek dan Cap Go Meh

Warga Tionghoa Bagansiapiapi Ramai-ramai Tukar Uang

BAGANSIAPIAPI-Perlu uang kecil untuk angpau saat Imlek dan Cap Go Meh, warga Tionghoa Bagansiapiapi menyerbu tempat penukaran uang kecil. Penukaran ini disediakan Bank Indonesia (BI) untuk pecahan Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu, Rp2.000 dan Rp1.000.

Penukaran yang dilakukan warga Tionghoa hari ini, Selasa (28/1/14) di Jalan Perdagangan, sempat menarik perhatian. Terlihat satu unit mobil L-300 plat merah BM 7267 AP warna biru diserbu warga Tionghoa, ternyata mereka yang melakukan penukaran uang.

Menurut salah seorang petugas Eridanil, mereka datang dari BI Cabang Riau, Pekanbaru dan menyediakan penukaran untuk pecahan mulai Rp20 ribu, sampai Rp1.000, selama dua hari (28-29/1/14).

Kedatangan itu merupakan agenda rutin untuk membantu masyarakat menukarkan uang kecil. Itupun tidak uang kertas baru, melainkan uang lama dan dengan jumlah terbatas.

Eridanil tidak mau menyebutkan berapa stok yang ia bawa ke Bagansiapiapi, karena selain melayani penukaran secara langsung kepada masyarakat, pihak BI katanya juga mendatangi bank-bank yang ada juga untuk melayani penukaran uang. (cr01/rtc)