Sosialita

Ditemukan, Gereja Berusia 1.500 Tahun di Dasar Danau

BURSA - Reruntuhan basilika yang diprediksi berumur 1.500 tahun ditemukan di dasar Danau Iznik di Provinsi Bursa, Turki. Penemuan ini merupakan hasil dari penggalian yang dilakukan oleh tim dari Departemen Arkeolog Universitas Uludag.
 
Profesor Mustafa Sahin yang terlibat dalam proyek penggalian tersebut menuturkan, jejak dari bangunan gereja itu pertama kali terlihat pada jarak 20 meter dari pinggir danau.
 
“Berdasarkan penemuan awal inilah, kami kemudian melakukan penggalian untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut tentang struktur itu,” ujar Sahin, seperti dilansir dari World Bulletin, Selasa (28/1).
 
Para pakar Bizantium sampai sekarang masih melakukan penelitian untuk mencari tahu siapa sebenarnya yang membangun basilika tersebut. “Mereka memperkirakan, reruntuhan itu adalah bagian dari Gereja St Peters yang pernah disebutkan dalam sejumlah literatur Kristen,” kata Sahin lagi.
 
Ia menambahkan, belum ada data yang dapat menjelaskan kapan persisnya gereja itu dibangun. Namun, para arkeolog memperkirakan basilika itu setidaknya telah berdiri sejak 500 Masehi. (rep03)