Fokus Rohil

Gandeng Investor, Masterplan Pulau Pedamaran Disiapkan

Bupati Rohil, H Annas Maamun dan pejabat Polri meninjau jembatan Pedamaran dengan sejumlah pejabat Pemkab. (rep1)

BAGANSIAPIAPI - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) telah menyiapkan masterplan pengembangan Pulau Pedamaran. Untuk mengembangkan pulau itu, Pemerintah  
Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) menggandeng pihak investor. Strategi menggandeng investor agar pengembangan Pulau Pedamaran bisa berjalan dengan baik tanpa menggunakan anggaran pemerintah.

"Masterplan-nya sudah diserahkan ke pihak investor. Kita masih menunggu pengembalian masterplan itu saja lagi, karena, berdasarkan hasil review dari pihak investor itu, mereka sepakat mengembangkan Pulau Pedamaran sebagai obyek wisata baru," sebut Kepala Bappeda Rohil, M Job Kuriawan, Selasa (28/1/14) di Bagansiapiapi.

Menurutnya, jika masterplan itu direspon, segala fasilitas pengembangan Pulau Pedamaran menjadi tanggung jawab investor. "Di Pulau Pedamaran itu, nantinya akan dibanguan berbagai fasilitas obyek wisata yang memadai. Strategi ini sebagai langkah menekan pengeluaran anggaran tetapi pengembangan Pulau Pedamaran tetap berlanjut," terang Job Kurniawan.

Dikatakan Job Kurniawan, dalam waktu dekat Pemkab Rohil dan pihak investor bakal duduk satu meja bersama lawyer untuk menjatuhkan keputusan final pengembangan Pulau Pedamaran. "Pada umumnya, investor sedang menyesuaikan metode yang cocok untuk pengembangan pulau itu. Tetapi secara planning, Pemkab Rohil merencanakan pulau itu dibagi menjadi dua, separuhnya difungsikan untuk kawasan pendidikan, dan separuhnya untuk obyek pariwisata. Karena, Pemkab akan mendirikan Madrasah Aliyah (MA) berstatus internasional," papar Job Kurniawan.

Mengenai obyek wisata, sebut Job, Pulau Pedamaran akan dibangun perkampungan nelayan yang lengkap dengan fasilitasnya. Selain itu, kebun buah-buahan dan hotel juga bakal berdiri di lokasi itu. "Malahan ada kebun binatang, sarana permainan anak, dan water boom juga akan didirikan nantinya," sebut Job. (rep1)