Fokus Rohil

Petani Miskin di 4 Kecamatan Akan Terima 8.300 Bibit Sawit

BAGANSIAPIAPI - Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Rokan Hilir akan kembali menyelurkan bantuan bibit kelapa sawit kepada petani miskin tahun ini. Bibit sawit yang disiapkan sebanyak 8.300 batang untuk petani miskin di empat kecamatan, yakni Pujud, Bangko Pusako, Bagan Sinembah dan Sinaboi.

Bantuan bibit sawit itu sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan petani miskin yang masih perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah. "Meski belum dijadwalkan kapan pastinya, namun 8,300 batang bibit kelapa sawit untuk petani miskin sudah kita siapkan. Kita harap secepatnya bisa dibagikan," ujar Kepala Disbun Rohil, Syahril, Selasa (28/1/14).

Bantuan tahap awal di tahun 2014 ini, akan dibagikan kepada petani miskin di empat kecamatan, seperti Pujud, Bangko Pusako, Bagan Sinembah dan Sinaboi. "Semoga bantuan bibit kepala sawit ini dimanfaatkan sebaik mungkin agar masyarakat miskin di Rohil bisa terus berkurang," sebut Syahril.

Menurutnya, pembagian bibit itu sudah diprogramkan Disbun secara bertahap. "Bukan hanya petani di Kecamatan Pujud, Bangko Pusako, Bagan Sinembah dan Sinaboi saja yang akan menerima bantuan serupa, tetapi petani miskin lainnya di Kabupaten Rohil, makanya dibagikan secara bertahap," janjinya.

Selain bibit kepala sawit, Dibun juga akan membagikan ratusan hektar kebun kepada warga miskin di Kecamatan Kubu. "Bantuan kebun sawit di Kecamatan Kubu tinggal menunggu Surat Keterangan (SK) dari bapak Bupati saja. Jadi tahun ini kita bagikan kebun dan bibit kepala sawit secara berbeda," ungkap Syahril. (rep1)