Fokus Rohil

7 Kepenghuluan Berpeluang Ikuti Proklim

Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Rohil, Alkahfi Sutikno

BAGANSIAPIAPI - Selain Kepenghuluan Mukti Jaya di Kecamatan Rimba Melintang, ternyata tujuh kepenghuluan lainnya di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) berpeluang mengikuti Program Kampung Iklim (Proklim). Ketujuh kepenghuluan itu berada di Kecamatan Batu Hampar, Rimba Melintang, Bangko Pusako dan Kecamatan Pekaitan.

"Kita melihat, banyak manfaat yang bakal didapat setelah mengikuti kegiatan Proklim itu. Daerah yang boleh dikatakan sudah bagus mengikuti Proklim itu, adalah Mukti Jaya," kata Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Rohil, Alkahfi Sutikno, Selasa (28/1/14).

Terang Alkahfi, ketujuh kepenghuluan yang berpeluang mengikuti Proklim itu diantaranya, Kepenghuluan Bantayan Baru, Kecamatan Batu Hampar, Kepenghuluan Pematang Sikek dan Seremban Jaya, Kecamatan Rimba Melintang, serta Kepenghuluan Sei Manasib, Kecamatan Bangko Pusako dan  Kepenghuluan Pekaitan, Kepenghuluan Rokan Baru dan Suak Temenggung, Kecamatan Pekaitan.

Semua daerah itu terang Alkahfi, memiliki potensi yang bisa dikembangkan berlatar belakang Proklim dari berbagai sektor. "Umumnya merupakan daerah sentra produksi pertanian maupun peternakan serta perkebunan," terangnya.

Selain memiliki potensi untuk menjadi desa Proklim, ternyata daerah yang ada di empat kecamatan tersebut mempunyai potensi mengikuti program Rumah Pangan Lestari (RPL). "Proklim dan RPL ini sangat cocok untuk disatukan. Dengan menggabungkan keduanya, maka semua kebutuhan pangan yang didapatkan oleh masyarakat tersedia di lahan perkarangan rumahnya. Maka RPL terus kita sosialisasikan," kata Alkahfi. (rep1)