Fokus Rohil

Wilyah Perairan Rohil Belum Normal

Nelayan perairan Rokan Hilir tampak melaut meski kondisi angin tak stabil. (rep1)

BAGANSIAPIAPI - Kondisi perairan di wilayah Kabupaten Rohil hingga, Selasa (28/1/14) dinilai belum begitu normal. Dimana, angin dan ombak sewaktu-waktu bisa muncul dengan kencang secara mendadak. Kendati demikian, secara garis besar, aktivitas perairan masih lancar.

Salah seorang nelayan tradisional Pulau Halang, Anto (42) menjelaskan, aktivitas menangkap ikan yang sebagian besar nelayan hanya berada di sekitaran bibir pantai. Hal tersebut mengingat kondisi angin dan ombak bisa muncul dengan kencang dan tinggi secara mendadak. "Memang dari pagi sampai siang hari, kondisi perairan terasa normal. Anginnya terasa tidak begitu kencang. Dan ombaknya pun tidak begitu tinggi," sebut Anto.

Sambung Anto, angin kencang kerap muncul disore hari. Akibatnya, ombak yang muncul terasa tinggi dan bisa membahayakan nelayan. "Kadang muncul dan kadang menghilang. Jadi kondisi perairan belum normal, namun kami tetap melakukan aktivitas," timpal nelayan beraanak tiga ini.

Komandan Pos Angkatan Laut (Danposal) Bagansiapiapi, Letda Laut (P) M Pohan menyatakan, hal tersebut perlu diwaspadai nelayan. "Saat ini, kondisi di perairan sulit diprediksi. Kapan angin itu kembali normal. Namun yang jelas, ini tidak terlepas dari dampak pengaruh cuaca ekstrim. Untuk itu nelayan harus berhati-hati dalam menjalankan aktivitasnya," imbau Pohan. (rep1)