Fokus Rohil

Asyik, Pemkab Rohil Bangun RSUD Lagi

Gedung RSUD DR. Pratomo Bagansiapiapi.

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir kembali membangun Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) berlokasi di Batu Enam, Kecamatan Bangko. Kini proyek itu mulai memasuki tahap pengerjaan. Rohil sendiri kini memiliki RSUD DR Pratomo di Bagansiapiapi.

Direncanakan, akhir tahun 2013 pembangunan fisik gedung ini tuntas dikerjakan. "Pengerjaanya bertahap, direncanakan akhir tahun ini fisik bangunan selesai. Sehingga, memasuki tahun 2014 tinggal pengadaan peralatan serta penunjang sarana dan prasarana lainnya seperti tempat loundry, dapur, pengolahan limbah, mesjid. Kemudian baru kita isi interior lainnya," ungkap Kadiskes Rohil dr H Junaidi Saleh, Sabtu (27/4).

Mengenai bentuk fisik bangunan, dr Junaidi menjelaskan RSUD baru ini berlantai dua dan memiliki beberapa ruangan. "Setiap lorong sementara kita beri nama gedung A, B dan C. Untuk ruang rawat inap berada di lantai dua. Sedangkan lantai dasar dijadikan tempat pelayanan UGD," rincinya.

Disinggung mengenai RSUD DR Pratomo yang saat ini masih difungsikan, Kadiskes menyatakan bahwa gedung RSUD DR Pratomo ke depannya belum bisa dipastikan bakal dijadikan apa. "RSUD yang sekarang memang sedikit kurang memadai untuk menampung pasien. Makanya dibangun baru, namun jika gedung yang baru selesa, saya belum bisa menjawab bakal diperuntukan apa. Semua kan tergantung bapak bupati," terangnya.

Bangunan RSUD yang baru dan kini tengah dikerjakan memiliki luas tanah 5 hektar. Diyakini, gedung ini nantinya akan mencakup seluruh pelayanan dan kebutuhan medis. "Bentuk bangunan tetap menggunakan kubah sebagai ciri khas Rohil. Untuk mencapai lantai dua menggunakan tangga memutar. Jika diperlukan, ke depan akan menggunakan lift jika pasokan listrik mencukupi," urainya.