Riau Raya

Massa di Riau Demo Tolak BPJS

Pekanbaru-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) mulai menuai penolakan dimana-mana. Bukan saja ketidakberesan dalam pelaksanaan, namun juga dicurigai sebagai salah satu cara menghisap uang rakyat. Hal itu terungkap pada aksi demontrasi elemen masyarakat yang dilakukan di kantor Walikota Pekanbaru, Kamis (16/1/2014) sekitar pukul 11.30 Wib.
 
Massa yang terdiri dari tergabung Komite Pimpinan Wilayah Demokratik Riau (KPW-PRD Riau), Dewan Pimpinan Kota Serikat Rakyat Miskin IndonesiaPekanbaru (DPK-SRMI Pekanbaru) itu menuntut pembubaran BPJS.
 
Pada aksi ini, selain beroarasi, massa juga membagi-bagikan selebaran. ''Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dilakukan pemeritah pusat lewat BPJS merupakan strategi dari rezim neoliberal untuk menarik dana dari rakyat untuk kepentingan akumulasi modal,'' ujar massa.
 
Sementara Koordinator Lapangan (Korlap) Sugianto mengatakan sikap mereka dengan tegas menolak JKN/BPJS dan di Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau.
 
Mereka juga meminta jaminan perlindungan kesehatan gratis kepada Walikota Pekanbaru dan Gubernur Riau. ''Laksanakan Pasal 33 Undang-undang Dasar 1945 sebagai solusi sumber dana untuk menjalankan kesehatan gratis untuk rakyat,'' ujarnya, seperti dilansir goriau.(rep05)