Fokus Rohil

Pulau Jemur Perlu Jaringan Komunikasi

Ketua DPRD Rohil H Nasruddin Hasan menerima kunjungan Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Budi Siswanto ST MAP saat bersilaturrahmi ke Bagansiapiapi. (re

BAGANSIAPIAPI - Pulau Jemur yang berada di Gugusan Kepulauan Aruah, Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) sangat memerlukan jaringan komunikasi. Dengan tersedianya peralatan itu, diyakini semua potensi yang ada di Pulau Jemur bisa tergali dengan baik.

Hal itu dikatakan Komandan Pangkalan Laut (Danlanal) Dumai, Kolonel Laut (P) Budi Siswanto ST MAP, Rabu (8/1) saat berkunjung ke pulau tersebut. "Sarana yang dianggap paling penting untuk segera dihadirkan di Pulau Jemur itu adalah jaringan komunikasi. Untuk itu, kita mencoba melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait sehingga di Pulau Jemur secepatnya ada jaringan komunikasi," jelas Kolonel Laut (P) Budi Siswanto ST MAP di Bagansiapiapi usai pelang dari Pulau Jemur.

Alat komunikasi yang sedang dipergunakan baik oleh anggota TNI maupun petugas penjaga mercu suar serta nelayan yang beroperasi di Pulau Halang, tambah Siswanto, menggunakan Handy Talky (HT). "Namun, hasil komunikasinya kurang bagus. Terutama saat adanya guyuran hujan maupun petir. Dengan kondisi seperti itu, jelas komunikasi tidak bisa lancar," paparnya.

Tambah Siswanto, guna mendukung kelancaran tugas anggota dan petugas mercu suar serta membantu masyarakat terutama kalangan nelayan, maka dipandang perlu tersedianya jaringan komunikasi. "Nanti banyak manfaat yang bakal didapatkan ketika jaringan komunikasi itu hadir di Pulau Jemur sana. Masyarakat nelayan bisa saling berkomunikasi. Apalagi, Pulau Jemur itu secara geografis berhadapan langsung dengan Malaysia. Dengan kondisi seperti itu, Pulau Jemur bisa lebih bergairah lagi," harapnya. (rep1)