Pelatihan AC di BPK Riau, Disnakertrans Rohil Utus 30 Calon Naker

BAGANSIAPIAPI - Dinas Tenagan Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) akan mengutus sebanyak 30 calon Tenaga Kerja (Naker) ke Balai Pelatihan Ketenagakerjakan (BPK) Riau dalam waktu dekat. Ke-30 Naker itu akan mendapatkan pelatihan pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC).

"Ini salah satu program kerja Disnakertrans, tahun 2014, yakni mengirimkan 30 calon Naker untuk dilatih mengenai teknik perbaikan dan lainnya menyangkut AC ke BPK Riau, di Pekanbaru. Ke-30 calon Naker itu nantinya kita harap benar-benar menjalani pelatihan dengan baik, sehingga ilmu yang didapat bisa diterapkan ke lapangan begitu pulang ke Rohil," ujar Kepala Disnakertran Rohil, Arsyad, melalui Kasubag Program, Juni Rahmad, Sabtu (11/1) di Bagansiapiapi.

Nantinya, masing-masing calon Naker akan dibekali uang saku oleh Pemkab Rohil selama menjalani pelatihan di Pekanbaru. "Semua biaya didanai Pemkab Rohil, peserta juga akan diberi uang saku selama menjalani pelatihan di Pekanbaru," tegas Juni.

Meski demikian, calon peserta akan direkrut dari masing-masing kecamatan melalui sistem seleksi ketat. "Peserta diutamakan yang baru menamatkan SMA sederajat, dan tidak memiliki pekerjaan. Selain itu, tidak memiliki tato dan bebas narkoba," tegasnya.

Nantinya, peserta menjalani pelatihan selama satu bulan penuh dan mendapatkan sertifikat lulus keterampilan dari BPK Riau. "Sertifikat bisa digunakan untuk mencari kerja atau membuka usaha sendiri," ungkap Juni.

Sedangkan, di tahun 2013, Disnakertrans juga mengirimkan calon Naker sebanyak 20 orang ke BPK Riau menjalani pelatihan ketenagakerjaan. "Ini salah satu cara untuk membantu meningkatkan perekonomian warga miskin di Rohil. Dengan memiliki keterampilan, mereka bisa bekerja atau membuka usaha sendiri pada bidang yang dijalani selam pelatihan," sebutnya. (rep1)