Berlanjut 2014

Diskanlut Bangun 140 Kolam Ikan Warga Miskin Rohil

Rumah Layak Huni di Rohil dilengkapi kolam ikan untuk menopang penghasilan warga miskin. (rep1)

BAGANSIAPIAPI - Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) sepanjang tahun 2013 telah membangun 140 kolam ikan untuk warga miskin yang mendiami Rumah Layak Huni (RLH) di seluruh kecamatan. Progam ini akan dilanjutkan tahun 2014, dengan tujuan menakan angka kemiskinan.

Hla itu dikatakan, Plt Kepala Diskanlut, Muhammad Amin, Sabtu (11/1). Dirinya menjelaskan, program pembangunan kolam ikan itu diprioritaskan agar penghuni RLH tak terus menggantungkan hidupnya oleh pemerintah. "RLH kan bantuan Pemkab Rohil untuk warga miskin melalui dinas terkait. Jadi kita menyiapkan kolam ikannya dan benih agar perekonomi mereka terangkat," jelas Amin.

Sambungnya, dengan bantuan kolam ikan dan benih, para penghuni RLH memiliki kegiatan bertani ikan yang nantinya dari hasil panen ikan bisa membuat mereka memiliki modal mengembangkan usahanya. "Intinya, dengan program budidaya ikan di kolam itu, manfaatnya langsung dapat dirasakan oleh masyarakat," kata Amin.

Dengan merealisasikan pembangunan sebanyak 140 kolam yang tersebar di beberapa kecamatan seperti Pujud, Tanah Putih, Tanah Putih Tanjung Melawan, Bangko, Bangko Pusako, Pasir Limau Kapas dan Kecamatan Sinaboi, pihaknya kan melanjutkan program tersebut 2014 di kecamatan lainnya. "Belakangan, masing-masing kecamatan itu mendapatkan sebanyak 20 kolam ikan. Selain kolam, turut diberikan benih dan pakan ikan," urainya.

Sambungnya, program ini memberikan nilai tambah bagi masyarakat miskin. Apalagi yang menjadi sasaran adalah masyarakat miskin di pesisir pantai. "Yang jelas, selain ikan laut ternyata sektor perikanan air tawar atau perairan terbuka sangat menjanjikan. Untuk itu, program seperti ini menjadi agenda prioritas. Karena, pusat juga memiliki anggaran untuk pembuatan kolam bagi masyarakat yang ada di daerah pesisir pantai," paparnya. (rep1)