Fokus Rohil

Annas: Infrastruktur Masih Penting

Bupati Rohil, H Annas Maamun meninjau proyek bundaran jembatan Pedamaran-Bagansiapiapi dengan sejumlah pejabat Pemkab. (rep1)

BAGANSIAPIAPI - Pemantapan infrastruktur masih manjadi hal penting bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) tahun 2014. Karena, ketersediaan infrastruktur dapat membuka keterisoliran daerah menuju percepatan pembangunan.

Hal itu disampaikan Bupati, H Annas Maamun, Sabtu (11/1). "Masih banyak tugas dan pekerjaan yang harus diselesaikan menyangkut infrastruktur. Tahun 2014 ini, semua pekerjaan yang tertunda ditahun lalu harus kita selesiakan dengan sungguh-sungguh," ujar Annas Maamun.

Paparnya, salah satu infrastruktur terus dimatangkan yakni menyangkut persoalan jalan pengubung jembatan Pedamaran I dan II untuk membuka keterisoliran wialyah pesisir pantai. "Jembatan Pedamaran I kan sudah selesai, tinggal menyambungkan ke Jemabatan Pedamaran II, kita harap keberadan jembatan kembar itu sempurnakan sebaik-baiknya," sebut Bupati.

Dalam waktu dekat, Jembatan Pedamaran I dan II akan diresmikan. "Kita perkirakan bulan Januari ini jembatan itu sudah diresmikan. Selanjutnya, tinggal memikirkan bagaimana peningkatan jalan lintas pesisir pantai itu digesa pengerjaannya," timpalnya.

Sarana pendukung jalan lintas pesisir mulai dari Jembatan Pedamaran I dan II akan melintasi Bagansiapiapi-Pedamaran-Kubu-Panipahan hingga Tanjung Balai Asahan, Sumut. Kini, Jembatan Pedamaran akan diteruskan hingga ke Jembatan Kubu.

"Kalau tidak salah, jarak tempuh dari Jembatan Pedamaran II hingga ke Jembatan Kubu mencapai sekitar 23 kilometer. Kondisi infrastruktur ini, dapat segera dipercepat untuk diselesaikan. Karena, dengan selesainya infrastruktur ini, maka daerah-daerah yang ada di Rohil semakin lebih terbuka lagi dan cepat berkembang," papar Annas Maamun.

Ditambahkan Annas Maamun, program infrastruktur lainnya yakni pembangunan jalan lintas pesisir hingga ke Kecamatan Pasir Limau Kapas adalah solusi mengatasi perekonomian warga. "Intinya, jalan lintas pesisir pantai itu dimulai dari Kecamatan Pasir Limau Kapas melintas ke Kubu dan Pedamaran. Terus ke Bagansiapiapi menuju Sinaboi hingga ke Dumai. Makanya saya minta program ini diseriusi agar tahun depan kita tidak lagi terlalu fokus menyangkut insfrastruktur dan bisa fokus ke bidang lainnya," jelas Bupati. (rep1)