Politik

Survei Capres, Jokowi Unggul Lagi

Jakarta - Pamor Jokowi terus melejit di mata lembaga poling. Selain jajak pendapat melalui tatap muka, juga survei melalui dunia maya. Berikut ini salah satunya, bahwa Gubernur DKI ini sedikitnya diperbincangkan oleh 6,9 juta kali di berbagai media sosial selama 2013.
 
 
"Jokowi laku di Twitter dan Facebook," ujar peneliti komunikasi politik dari Prapanca Research, Muhammad Rifqi Nirasma, di Univesitas Indonesia, Depok, Jumat, 3 Januari 2014. Angka tersebut, kata Muhammad, mengalahkan beberapa tokoh elite partai politik lainnya seperti Prabowo Subianto, Megawati Sukarnoputri, Wiranto, dan Aburizal Bakrie. 
 
Bahkan, Rifki melanjutkan, jika angka mereka digabung pun belum dapat menandingi Jokowi. "Angka mereka (para tokoh partai dan calon presiden) hanya 1.3 juta jika diakumulasikan," kata dia.  
 
Menurut Muhammad, dominasi perbincangan di ranah digital oleh Jokowi ini berpotensi menyumbang suara yang besar pada pemilu aktual mendatang. "Jika maju sebagai capres dan tak ada peristiwa besar yang menimpa dirinya, Jokowi diprediksi mendapat suara banyak," ujarnya.  
 
Hal ini, kata Muhammad, juga menunjukkan tren tokoh capres baru lebih punya kesempatan untuk meraih suara yang banyak. "Sedangkan tokoh-tokoh lama yang diprediksi akan meredup," ucap dia.  
 
Angka tersebut merupakan salah satu hasil dari penelitian lembaga Prapancha Research yang bertema 'Prediksi Kondisi Politik, Sosial, Ekonomi Indonesia 2014'. Penelitian itu berbasis perbincangan di media sosial dan lima berita portal di Indonesia selama tahun 2013.  
 
"Kami menggunakan search engine Alexa untuk memfilter perbincangan di beberapa media sosial tersebut melalui kata kunci tertentu," kata Muhammad.  (rep05)