Hukum

ATM BRI Gagal Bobol Dirampok

ilustrasi/net
PEKANBARU  - Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank BRI di Jalan Sudirman Kota Pekanbaru menjadi sasaran perampok, Senin (30/12) sekitar pukul 03.00 WIB. Namun, pelaku tak berhasil membobol mesin ATM karena aksi digagalkan pihak keamanan Bank BRI.
 
Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Adang Ginanjar melalui Kasat Reskrim, Arief Fajar Satria, mengatakan, pelaku berjumlah dua orang datang ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) dengan menggunakan mobil.
 
Salah seorang pelaku yang menggunakan sebo akan membongkar ATM tapi security bank mendengar suara keributan dan menghampirinya. Melihat kedatangan security, para pelaku langsung melarikan diri.
 
Andi, seorang security Bank BRI mengatakan, saat kejadian dirinya berada di ruang pengamanan. "Saat itu, saksi memang mendapat tugas piket malam. Untuk mengusut kasus itu, kita telah meminta rekaman CCTV ATM pada pihak Bank BRI," ucap Arief. 
 
Disinggung apakah pelaku sama dengan pelaku perampokan yang terjadi akhir-akhir ini di Pekanbaru, Arief belum bisa memastikannya. "Kita masih menyelidikinya," tutur Arief.
Arief mengungkapkan, sudah tiga kali terjadi perampokan dengan sasaran ATM Bank BRI. Saat ini, petugas masih fokus di lapangan untuk mengungkap modus para pelaku.
 
Sementara itu, Kriminolog Universitas Islam Riau (UIR), Dr Syahrul Akmal Latief, menduga, para pelaku telah mengetahui kelemahan ATM Bank BRI. "Saya menduga, pelaku adalah orang yang sama," kata Akmal.
 
Akmal meminta aparat kepolisian agar melakukan patroli rutin terkait maraknya aksi perampokan yang terjadi di Kota Pekanbaru. "Polisi harus melakukan pengamanan ketat. Melakukan razia tapi dengan cara yang tidak mencolok seperti berpakaian preman," tutup Syahrul. (rep1)