Riau Raya

Hati-hati dengan Diskon Besar-besaran Akhir Tahun

PEKANBARU-Diskon akhir tahun di hampir seluruh pusat perbenjaan perlu diwaspadai. Pasalnya, jika tidak hati-hati bisa terjebak pada prilaku konsumsi berlebihan (konsumtif) hingga berujung pada pemborosan, serta terjerat hutang.  
 
Hal itu disampiakan Pengamat Ekonomi, Edianus Herman Halim. Dirinya mengingatkan, selaku konsumen, warga perlu mengantisipasi tawaran diskon atau potongan harga jelang akhir tahun. "Jangan sampai kita terjebak kepada prilaku konsumtif, apalagi hingga menyebabkan hutang," sebutnya. 
 
Dikatakannya, jelang akhir tahun, pusat-pusat perbelanjaan berebut menampilkan pengumuman diskon seluruh produknya, bahkan hingga mencapai 70 persen. "Diskon biasanya diberikan karena pedagang telah mencapai break poin atau posisi impas penjualan meski ada produk yang memang mengalami potongan harga. Namun, ada juga produk yang didiskon setelah harga dinaikkan terlebih dahulu. Makanya perlu diwaspadai," ungkapnya. 
 
Terlepas dari itu, katanya, warga perlu mewaspadai tawaran diskon dengan membeli barang sesuai kebutuhan. "Apalagi jika nantinya harus berhutang atau mengeluarkan uang lebih dari pendapatan yang dimiliki. Ini sangat menyedihkan," terangnya seperti dilansir halloriau.com. 
 
Ditambahkan Edianus, akan lebih baik warga menyimpan sebagian hasil pendapatan dibanding membelanjakan secara berlebihan. "Apalagi tahun 2014 adalah tahun politik yang biasanya tingkat ekonomi akan cenderung melemah," sebutnya. (rep05)