Sport

Arsenal Kembali ke Puncak

London - Arsenal membawa pulang kemenangan dengan skor 3-1 dari laga tandang melawan West Ham United. Hasil ini mengembalikan The Gunners ke puncak klasemen sementara Premier League.
 
Berkunjung ke The Boleyn Ground, Kamis (26/12/2013) malam, Arsenal tampil sangat dominan. Tim asuhan Arsene Wenger itu menguasai bola hingga 66 persen. Tapi, hingga berakhirnya babak pertama, skor kacamata tak berubah.
 
Arsenal lebih dulu tertinggal setelah Carlton Cole mencetak gol untuk West Ham pada awal paruh kedua. Tapi, "Meriam London" tak menyerah begitu saja. Mereka bisa menyamakan kedudukan melalui gol Theo Walcott.
 
Walcott kemudian mencetak gol lagi untuk membawa timnya berbalik unggul. Gol dari Lukas Podolski akhirnya memantapkan kemenangan tim tamu.
 
Tambahan tiga angka mengangkat Arsenal ke urutan teratas klasemen sementara dengan koleksi 39 poin dari 18 pertandingan. Mereka unggul dua poin atas Chelsea yang menempati posisi kedua dan tiga poin atas Liverpool yang ada di posisi ketiga.
 
Tapi, Arsenal bisa tergeser dari puncak andai Liverpool bisa mengalahkan Manchester City, Jumat (27/12/2013) dinihari WIB.
 
Jalannya Pertandingan
 
West Ham menebar ancaman saat laga memasuki menit kesepuluh. Mendapatkan kesempatan lewat tendangan bebas, Mark Noble mengarahkan bola ke pojok atas gawang. Tapi, kiper Wojciech Szczesny bisa mementahkannya.
 
Arsenal gantian mengancam enam menit kemudian. Santi Cazorla menyundul bola liar di kotak penalti, namun Adrian bisa mengantisipasinya.
 
Sebuah percobaan Mohamed Diame pada menit ke-25 belum menghasilkan gol untuk West Ham. Tendangannya dari luar kotak penalti bisa dibendung Szczesny.
 
Pada menit berikutnya, Walcott berpeluang membawa Arsenal memimpin. Tapi, sontekannya meneruskan umpan Aaron Ramsey masih sedikit melenceng.
 
Cazorla nyaris membawa Arsenal unggul pada menit ke-33. Usai menerima operan dari Mesut Oezil, dia melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Tapi, bola mengarah ke atas mistar.
 
Olivier Giroud juga menyia-nyiakan peluang. Sepakannya dari dalam kotak penalti masih melenceng. Sementara itu, tendangan Ramsey mengarah tepat ke tangkapan Adrian.
 
Peluang lagi untuk Arsenal pada menit ke-44. Tendangan Mikel Arteta membahayakan gawang West Ham, tapi arah bola masih melenceng tipis.
 
Skor tak berubah hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama. West Ham 0, Arsenal 0.
 
Babak kedua belum genap berusia semenit, West Ham sukses memecahkan kebuntuan. Berawal dari tendangan Kevin Nolan yang tidak ditangkap dengan sempurna oleh Szczesny, Cole dengan mudah menyambar bola rebound dan menggetarkan gawang Arsenal.
 
Beberapa saat setelah kebobolan, Arsenal mengajukan klaim penalti setelah tendangan Per Mertesacker mengenai tangan James Tomkins. Tapi, wasit tak mengabulkannya.
 
Tim tuan rumah berpeluang menggandakan keunggulannya saat laga memasuki menit ke-50. Memanfaatkan umpan terobosan Noble, Matt Jarvis melepaskan tembakan. Tapi, usahanya digagalkan Szczesny.
 
Berselang empat menit, West Ham kembali punya kesempatan. Umpan silang Diame disambut Joey O'Brien dengan sundulan, tapi arahnya masih menyamping.
 
Aksi Cole membuat gawang Arsenal kembali terancam. Sial buat dia, sontekannya meneruskan crossing Razvan Rat masih melebar.
 
Adrian dipaksa membuat penyelamatan ganda pada menit ke-60. Pertama, dia membendung tendangan keras Cazorla. Bola rebound disambar Oezil, tapi Adrian lagi-lagi bisa menyelamatkan gawangnya.
 
Arsenal akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-68. Walcott yang menerima operan Cazorla mengecoh Rat sebelum melepaskan tendangan ke arah gawang. Meski tendangannya tak terlalu keras, itu sudah cukup untuk menaklukkan Adrian.
 
Arsenal punya kans untuk berbalik unggul dua menit kemudian. Namun, tendangan Podolski melayang di atas mistar.
 
Arsenal benar-benar berbalik memimpin pada menit ke-71. Crossing Podolski dari sisi kiri ditanduk Walcott dan Adrian tak bisa mencegah gawangnya bergetar lagi. West Ham 1, Arsenal 2.
 
Podolski membawa Arsenal makin menjauh delapan menit kemudian. Menerima bola dari Giroud, dia menembak dengan kaki kirinya untuk menjebol gawang West Ham.
 
Pada menit-menit akhir, Nicklas Bendtner nyaris mencetak gol keempat Arsenal. Tapi, sepakannya ke tiang jauh masih sedikit melenceng. (rep05)
 
Susunan Pemain
West Ham: Adrian, O'Brien (Demel 63'), Tomkins, Collins (Rat 38'), McCartney, Jarvis, Nolan (Taylor 75'), J. Cole, Noble, Diame, C. Cole
 
Arsenal: Szczesny, Sagna, Mertesacker, Vermaelen, Gibbs, Arteta, Ramsey (Podolski 65'), Cazorla, Oezil (Flamini 81'), Walcott, Giroud (Bendtner 84')