Fokus Rohil

Diguyur Hujan, Ruas Jalan Bagan Batu Banjir

BAGANBATU – Hujan deras yang melanda kota Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah, Jumat (26/4) dini hari membuat ruas jalan sepanjang hampir 500 meter kebanjiran. Banjir terparah terjadi di tiga titik seperti di komplek Sinar Mega, Bank Mandiri hingga ke simpang jalan Hang Tuah serta Pajak Lama. 

 
Akibat banjir, antrean kendaraan di sepanjang jalan Sudirman tak terelakkan. Pantauan Metro Riau dilapangan, banjir menggenangi kawasan kota khususnya di sepanjang jalan Sudirman. Bahkan, para pedagang kaki lima yang kerab menjajakan makanan tampak sepi aktivitas. 
 
Hal ini disebabkan ketinggian air yang menggenangi ruas jalan mencapai lutut orang dewasa. Selain itu, para pedagang terpaksa menyingkir untuk menghindari luapan banjir. "Banjir juga melanda sejumlah toko dan ada satu klinik yang juga menjadi korban," papar Ajo yang biasa mangkal di depan Bank Mandiri.
 
Menurutnya, curah hujan yang deras, banjir juga disebabkan saluran drainase yang tersumbat. "Baru hujan deras sekali kota Baganbatu sudah kebanjiran. Terpaksa kita menggulung jualan dan memilih pulang," tambahnya.
 
Senada disampaikan salah satu pemilik toko yang menjadi korban banjir. "Toko harus di tutup, kita harus bersih-bersih dulu. Airnya masuk ke dalam toko dari meluapan selokan," sebut Wati, pemilik toko sepatu.
 
Menurutnya, drainase di kota ini sangat meprihatinkan dan butuh perhatian pemerintah. "Beginilah kalau kota yang tidak bagus lubang saluran pembuangan airnya. Setiap kali hujan pasti banjir. Kita harap pemerintah tanggap mengatasinya," harapnya. 
 
Masih di lokasi yang tak jauh, Fatimah, salah seorang warga terpaksa harus mendorong sepeda motornya akibat mogok terendam air. "Ini butuh keseriusan pemerintah mengatasi banjir. Akibatnya, jika hujan sekali saja langsung banjir," tambahnya sambil terus mendorong motor. (rep-01)