Fokus Rohil

Warga Palika Kembangkan Budidaya Kerang

ilustrasi/net

WARGA pesisir pantai Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) mulai mengambangkan budidaya kerang laut. Kini, perairan mulai dari bibir pantai Kepenghuluan Sungai Daun hingga Panipahan, kegiatan budidaya kerang dibanjiri warga meski dengan modalnya sendiri. Hasilnya, kerang dijual ke kabupaten tetangga, Labuhan Batu Selatan. Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

"Kalau dulu, saat hasil tangkapan menurun, masyarakat pesisir pantai berupaya meningkatkan pendapatan ekonomi dengan membudidayakan kerang laut. Tetapi, saat ini mereka mulai mencintai pekerjaan itu dan tak menganggap sampingan lagi. Pembudidayaan kerang laut kini secara terus menerus sudah dilakukan," jelas Camat Palika, Muhammad Nasir, Jumat (20/12/2013).

Ternyata, tambah Nasir, kegiatan budidaya kerang mampu memberikan dampak positif bagi daerah maupun warga. "Bagi daerah, nama Kecamatan Pasir Limau Kapas semakin dikenal di daerah Sumut sana. Nah, bagi warga, jelas menjadi penghasilan tetap di selain menjadi nelayan dan ujungnya meningkat kesejahteraan," paparnya.

Dengan kondisi seperti itu, lanjut Nasir, kegiatan budidaya kerang semakin menjamur di daerahnya. "Kegiatan budidaya kerang dilaksanakan dari pantai Kepenghuluan Sungai Daun sampai ke Panipahan. Kemudian, masyarakat yang jauh dari bibir pantai, membudidayakan kerang di bawah tempat tinggalnya. Apalagi sebagian besar tempat tinggal warga berbentuk panggung," urai Camat.

Sementara, saat panen kerang, para pembeli termasuk dari daerah Provinsi Sumut berdatangan ke Panipahan. "Kalau sedang panen, jumlahnya bisa berton-ton. Harga jualnya bervariasi tergantung dari ukuran kecil, sedang dan besar. Normal harganya bisa mencapai Rp4 ribu per kilogram," sambung Nasir.

Mengingat budidaya kerang di wilayah Kecamatan Pasir Limau Kapas cukup baik, tambah Nasir, pihaknya telah mengusulkan sejumlah program kepada Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Rohil. "Usulan program yang disampaikan itu bermacam-macam. Termasuk salah satunya perlunya bantuan bibit kerang. Dan kita berharap agar usulan itu dapat segera direalisasikan. Karena, program ini dapat mensejahterakan masyarakat kita yang ada di Kecamatan Palika," jelasnya. (rep1)