Fokus Rohil

Sungai Rokan Meluap, Puluhan Rumah Terendam

Banjir rendam puluhan rumah di Bangko Kanan. (rep1)

BANGKO PUSAKO - Sungai Rokan kembali meluap dan merendam puluhan rumah penduduk Kepenghuluan Bangko Kanan, Kecamatan Bangko Pusako, Kamis (19/12/2013). Luapan air sungai ini dipicu hujan yang terus mengguyur belakangan ini hingga membuat sebagai korban mengungsi ke tempat yang lebih aman.

"Kita perkirakan 20 rumah terendam. Sebagian Kepala Keluarga (KK) memboyong anak istrinya mengungsi ke tempat yang lebih aman, di rumah-rumah sanak keluarga mereka. Luapan sungai Rokan dipicu hujan yang melanda sejak beberapa hari terakhir. Apalagi dua hari terakhir hujannya sangat lebat," ujar salah seorang warga Kepenghuluan Bangko Kanan, Erna (35), membenarkan kejadian.

Menurutnya, musim penghujan kali ini berbeda dengan tahun lalu. "Selain hujannya deras, anginya kenceng. Kita jadi takut kalau-kalau anginnya merobohkan rumah. Beruntung cuma tanaman yang roboh," jelasnya diamini Adi, warga lainnya.

Namun demikian, banjir merendam pemukiman warga diperkirakan tak berlangsung lama. Tetapi, banjir juga terjadi di Kecamatan Rimba Melintag. "Puluhan rumah juga terendam banjir di Rimba Melintang. Terutama rumah warga yang berdekatan dengan aliran sungai Rokan," beber Adi.

Sampai saat ini, para korban mengaku belum mendapatkan bantuan baik dari dermawan maupun Pemkab Rohil. "Sampai saat ini, kami belum mendapat bantuan. Kalau ada bantuan ya bagus sekali, kami terima," timpal Adi yang juga menjadi korban banjir. (rep1)