Jelang Tahun Baru

Polres Rohil Ajak Jaga Kamtibmas

Kapolres Rohil AKBP Tonny Hermawan R Sik

UJUNG TANJUNG - Jelang Natal dan Tahun Baru 2014, Polres Rokan Hilir mengajak warga untuk meningkatkan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan masing-masing. Pasalnya, setiap perayaan hari besar, biasanya angka  kriminalitas meningkat.

"Dengan menjaga Kamtibmas di lingkungan masing-masing, kita sudah menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif. Sehingga masyarakat bisa melaksanakan rutinitas sehari-harinya dengan aman tanpa ada gangguan apapun," imbau Kapolres Rohil, AKBP Tonny Hermawan R Sik, Jumat (13/12/2013).

Tonny menambahkan, masyarakat diimbau agar menghindari perbuatan yang merugikan dirinya sendiri terlebih menyangkut penyakit masyarakat (Pekat), seperti mengkonsumsi minuman keras (Miras), judi dan lainnya. "Apalagi narkoba. Sudahlah, jangan coba-coba dengan pekat. Lebih baik kita mengawasi peredaran narkoba ketimbang terlibat di dalamnya. Karena, hal itu dapat memicu gangguan Kamtibmas," imbaunya.

Di samping itu, bagi ummat kristen yang merayakan Natal dan Tahun Baru diminta untuk tidak meninggalkan rumah dalam kondisi yang tidak aman. "Jika mudik, upayakan menitipkan pesan kepada tetangga sekeliling untuk memantau rumahnya. Gunakan perhiasan secukupnya saat bepergian, bila perlu tak menggunakan perhiasan jauh lebih baik," tegasnya.

Tonny melanjutkan, masyarakat juga dilarang membunyikan petasan dalam bentuk apapun, serta menyalakan kembang api yang punya daya ledakan kuat saat umat kristen melaksanakan ibadah. "Hidup saling harga menghargai jauh lebih baik. Dengan begitu, suasana kondusif dapat tercipta dengan baik. Bagi masyarakat yang melihat, mengetahui, atau menjadi korban kejahatan segera melaporkan kepada aparat kepolisian terdekat," pintanya.

Menurut Tonny, peran masyarakat sangat penting dalam menjaga Kamtibmas di daerah masing-masing. "Tugas utama kita adalah menciptakan keamanan serta ketertiban agar bulan Desember ini kita jalani dan lewati dengan aman damai dan kondusif, seperti pada tahun-tahun sebelumnya," harap Kapolres. (rep1)