Nasional

Tiga Desa di Tandun Terendam Banjir

ilustrasi

TANDUN - Hujan Deras yang menguyur sepanjang Kamis (12/12) malam hingga Jumat (13/12/2013) dini hari telah merendam puluhan rumah warga di tiga desa di Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu. Ketinggian air diperkirakan berkisar 50 cm hingga 1 meter.

Menurut Camat Tandun, Irwandi, pihaknya masih mendata jumlah warga yang jadi korban banjir. Apalagi, ketinggian air di Desa Koto Tandun malah tambah naik. "Warga di desa itu kita imbau untum meningkatkan kewaspadaan agar tidak ada korban jiwa," kata Irwandi, Jumat (13/12/2013).

Dari pantauan petugas, lanjutnya, setidaknya ada 22 rumah di Desa Puo Raya, 22 rumah di Desa Tandun dan 21 rumah di Desa Koto Tandun yang terendam banjir. Sedangkan di Koto Tandun sejauh ini masih dalam pendataan oleh Dinas Sosial, Tenaga  Kerja dan Transmigrasi (Disostransmigrasi) Rohul. “Bantuan sudah disalurkan ke korban banjir oleh Disosnakertrans Rohul," katanya.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul Aceng Herdiana, pihaknya sudah menerjunkan petugas ke lapangan, termasuk Tim Reaksi Cepat (TRC) yang telah dan kini telah menjalankan tugas tanggap darurat.

“Kita harapkan ke seluruh masyarakat, termasuk perangkat desa dan kecamatan, bila terjadi musibah bencana alam segera memberikan informasi ke kita, sehingga kita dengan cepat bisa membantu mayarakat,” kata Aceng.

Sementara itu, Kepala Disosnakertrans Rohul, H Tengku Rafli Armien, menyatakan, bantuan yang didistribusikan berupa 250 Kg beras, 250 Bungkus mie instan, 250 kaleng ikan sarden, dan 50 kaleng minyak goreng.

“Untuk Desa Lubuk Soting Kecamatan Rambah Hilir, kita sudah kita berikan bantuan berupa beras 130 Kg, mie instan 130 bungkus, Sarden 130 kaleng dan minyak goreng 26 Kg,”ucap Tengku Rafli Armein. (rep1)