Malam Ini

Manchester City vs Arsenal: Laga Papan Atas

net

MANCHESTER - Duel big match tersaji di Etihad Stadium pada pekan 16 Premier League, Sabtu (14/12/2013) malam ini. Tim penghuni posisi empat klasemen, Manchester City akan menjamu Arsenal yang saat ini menduduki urutan teratas. Hasil pertandingan ini akan sangat mempengaruhi pergolakan di papan atas mengingat selisih poin antar tim yang cukup mepet.

Laga ini bakal menjadi pembuktian siapa yang lebih kuat antara City yang merupakan tim paling tajam di liga sejauh ini (mencetak 41 gol) melawan Arsenal yang tercatat sebagai tim dengan pertahanan paling rapat (baru kemasukan 11 gol).

Manchester City memiliki modal moril yang lebih baik dalam laga ini menyusul kemenangan 3-2 yang mereka raih atas juara bertahan Liga Champions, Bayern Munich di Allianz Arena tengah pekan lalu. Selain itu statistik juga menunjukkan bahwa musim ini The Citizens sangat beringas ketika bermain di kandang dengan menyapu bersih kemenangan dalam tujuh laga di Etihad dengan rekor gol yang sangat impresif (29-2).

Jelang laga ini, seperti dilansir bola.net, Manajer Manuel Pellegrini masih akan bermain tanpa Stevan Jovetic dan Matija Nastasic yang tengah mengalami cedera. Kondisi duo fullback, Micah Richards dan Gael Clichy, juga masih diragukan untuk bisa turun dalam laga ini.

Namun, City bisa leluasa melakukan rotasi dengan skuat yang mereka miliki di tengah jadwal padat saat ini. Saat melakoni laga matchday VI Liga Champions melawan Bayern Munich, City tak memainkan para pemain kunci seperti Sergio Aguero, Yaya Toure dan Vincent Kompany. Dengan begitu, ketiganya bakal fit saat melawan Arsenal.

Ditambah lagi, Pablo Zabaleta dan Alvaro Negredo yang cuma bermain sebagai pengganti yang melawan Bayern, dan City punya masa istirahat lebih lama, sepertinya The Citizens memang punya keuntungan di laga krusial ini.

Di sisi lain, Arsenal memiliki misi yang cukup sulit untuk bisa kembali ke jalur kemenangan setelah dalam dua laga terakhir gagal mengemas tiga angka atas lawan-lawannya. Usai ditahan imbang Everton pekan lalu, mereka dikandaskan Napoli 0-2 di San Paolo.

Selain itu, The Gunners juga punya beban wajib menang untuk menjaga keunggulan lima poin atas Chelsea dan Liverpool. Jika tergelincir di Manchester, tahta Arsenal akan berada dalam bahaya saat dua pekan mendatang akan berduel langsung melawan The Blues di Emirates.

Manajer Arsene Wenger dipusingkan dengan masalah kebugaran yang menerpa bek kanan regulernya, Bacary Sagna. Pemain asal Prancis ini menyusul daftar panjang cedera yang sudah terlebih dahulu seperti Abou Diaby, Yaya Sanogo, Lukas Podolski, Ryo Miyaichi, dan Alex Oxlade-Chamberlain.

Arsenal juga tak banyak melakukan rotasi pemain seperti City. Namun, soal perbandingan skuat City dan Arsenal, Wenger mempunyai pendapat. "City mempunyai skuat yang kuat, saya tak membantah itu. Tapi, saat saya melihat skuat yang saya punyai, saya tak iri kepada mereka," katanya seperti dilansir detiksport.

"Saya inging mengatakan kami mempunyai kreativitas lebih, mungkin lebih sedikit pemain yang mengandalkan fisik, tapi lebih seba guna. Lebih mudah buat saya untuk melakukan rotasi," imbuhnya.

Dalam pertemuan terakhir di tempat yang sama September tahun lalu, City dan Arsenal bermain imbang 1-1 saat gol Joleon Lescott di akhir babak pertama mampu dibalas oleh Laurent Koscielny di babak kedua.

Ngotot Menang

Arsenal tetap memburu kemenangan meski dengan persiapan yang tidak ideal di tengah padatnya jadwal pertandingan. "Kami tahu bahwa ini bisa menjadi sebuah pernyataan penting kalau kami mendapatkan hasil bagus di kandang Manchester City. Itulah yang kami inginkan. Memulihkan diri dan berpikir tentang pertandingan berikutnya," ujar pemain tengah Arsenal, Mikel Arteta.

"Mood kami bagus, waktu untuk recovery sangat pendek. Saya tak paham kenapa kami bermain pada Minggu siang, Rabu malam, kembali pada pukul empat pagi, dan kemudian main lagi pada Sabtu pagi (Sabtu malam WIB) di Manchester," imbuhnya.

City punya catatan sangat bagus kala menjalani laga kandang di Premier League. Berbekal hal itu, gelandang City, James Milner optimistis The Citizens bisa meraih kemenangan saat menjamu Arsenal. "Arsenal ada di puncak, bermain sangat baik dan penuh dengan kepercayaan diri. Tapi City tampil sangat bagus di kandang," ujarnya.

"Semoga kami bisa terus mempertahankannya dan aku yakin jika kami tampil seperti yang sudah-sudah saat kami main kandang, kami akan punya peluang untuk mendapat kemenangan," tambahnya. (rep1)

Prakiraan susunan pemain:

Man City (4-4-2)

Pantilimon
Zabaleta, Kompany, Demichelis, Kolarov
Milner, Fernandinho, Toure, Nasri
Negredo, Aguero
Manajer: Pellegrini

Arsenal (4-2-3-1)

Szczesny
Jenkinson, Mertesacker, Koscielny, Gibbs
Flamini, Ramsey
Wilshere, Ozil, Cazorla Giroud
Manajer: Arsene Wenger