Sosialita

Televisi Rumania siarkan lagu berlirik anti-Yahudi

Sebuah stasiun televisi Rumania mengejutkan setelah menayangkan lagu berjudul Christmas Carol dari kelompok paduan suara tersohor di negara itu, Cluj. Lagu ini bersyair anti-Semit dan menceritakan soal pembakaran Yahudi.
 
Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Jumat (13/12), TVR3 dikelola pemerintah Rumania itu menanyangkan lagu telah banyak di larang di sejumlah negara. Lagu ini mengagungkan peristiwa Holocaust dan menyerukan agar orang Yahudi dibantai dengan dimasukkan ke pembakaran kayu.
 
Menurut lansiran agen telegafi Yahudi tayangan ini mengudara pada awal Desember dan ditonton banyak negara Eropa Timur. Lagu itu menggunakan kata Jidovi dalam bahasa Rumania merujuk pada Yahudi. "Hanya di pemanggangan dan menjadi asap. Di sanalah tempat Yahudi," demikian salah satu liriknya seperti dilaporkan situs spiegel.de.
 
Menteru Luar Negeri Rumania Titus Corlatean telah mengkritik tayangan itu dan melaporkan saluran televisi TVR3 ke pengadilan. Kedutaan Israel juga telah memberikan tanggapan tayangan itu menyedihkan.
 
Kritik telah dilayangkan ke Presiden Traian Basescu dan Perdana Menteri Victor Ponta. "Sangat menyedihkan jika tayangan publik ternoda dengan skandal lagu anti-Semit yang menyerukan orang Yahudi dibakar," begitu kritik disampaikan ke keduanya.
 
Direktur dan manajemen TVR sudah diperiksa dan mereka dipecat dari jabatannya lantaran membiarkan tayangan ini lolos. (rep10)