Parlemen

Dewan Dukung HKP2 Replanting Sawit

BAGAN BATU - DPRD Rokan Hilir mendukung program kerja Himpunan Kerukunan Petani Perkebunan (HKP2) Bagan Sinembah mereplanting kebun kelapa sawit warga tidak produktif.

 
”Program HKP2 ini sangat bagus, mereplanting kebun kelapa sawit warga yang tidak lagi produktif bukanlah pekerjaan yang mudah,” kata anggota Komisi II DPRD, Drs Syarifuddin Ade MM,  Kamis (25/4).
 
Namun, dirinya menyarankan, untuk menjalankan program itu, HKP2 hendaknya menggandeng Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir. "Replanting kebun sawit milik warga yang akan dilakukan HKP2 harus pula mendapat dukungan Pemkab Rohil. Sebab, ini demi meningkatkan perekonomian warga Rohil itu sendiri," harapnya.
 
Di samping itu, saran Syafruddin, hendaknya program HKP2 tidak hanya terfokus pada replanting saja. "Setelah direplanting kita harap ada program lainnya seperti perawatan tanaman," sarannya.
 
Selanjutnya, HKP2 juga diharapkan dapat membentuk badan usaha agar kedepannya saling menguntungkan. Tujuan pembentukan badan usaha juga dapat meningkatkan PAD. Sehingga, HKP2 bisa terut membantu petani dalam mengontrol harga tandan buah segar (TBS) yang seketika bisa anjlok hingga merugikan petani," jelasnya. (rep02)