Jangkau Jalur Kecil

Kesbangpolinmas Siapkan Damkar Sepeda Motor

BAGANSIAPIAPI - Setiap kecamatan di Kabupaten Rohil bakal memiliki unit kenderaan sepeda motor pemadam kebakaran (Damkar). Penyediaan unit damkar ini bertujuan untuk meminimalisir dampak bahaya kebakaran, serta menjangkau daerah rawan kebakaran yang berada di jalur-jalur kecil atau gang.

 
"Sudah disiapkan lima unit damkar sepeda motor dari anggaran tahun 2012. Tahun ini tinggal pengadaan lelangnya saja. Setelah semua lengkap baru diserahkan ke kecamatan yang rawan bahaya kebakaran, seperti Bagan Sinembah, Bangko, Tanah Putih, Panipahan dan Kubu. Pembagianya kemungkinan dalam waktu dekat," ungkap Kepala Kesbangpolinmas Rohil, Ismail Mahsah, Kamis (25/4) kepada Metro Riau.
 
Dikatakannya, pengadaan unit kenderaan sepeda motor Damkar sesuai usulan dan keinginan kecamatan. Karena, selama ini insiden kebakaran sulit diantisipasi apabila berada di gang kecil. Hal ini dikarenakan kendala minimnya sarana prasarana alat damkar tersebut. "Jadi, lima unit yang bisa diadakan sementara ini, sisanya menyusul hingga semua kecamatan mendapatkan. Saya pikir setelah unit tersedia kendala kebakaran dapat diminamalisir," harapnya.
 
Unit Damkar tersebut, lanjutnya, mampu menjangkau daerah yang sempit, yang tidak dapat dialalui kenderaan besar. Dijelaskannya, Damkar sepeda motor itu dilengkapi mesin pompa air, selang dan tangki penyimpanan air. "Mengenai tenaga operatornya sudah disiapkan, artinya tenaga teknis utusan kecamatan akan diberi pelatihan dan pembinaan hingga siap menjadi operator unit damkar tersbut," jelasnya.
 
Ismail menambahkan, pihaknya bakal kembali mengusulkan penambahan unit Damkar sepeda motor guna mencukupi kebutuhan di seluruh kecamatan. "Pembagianya bertahap, mungkin tahun depan diperuntukkan bagi kecamatan yang belum memiliki. Sejauh ini, kita belum memiliki rencana pengadaan unit mobil Damkar, karena disampping biayanya cukup mahal dan sering menimbulkan masalah. Kita masih memanfaatkan unit yang ada," sebutnya. (rep-01)