Riau Raya

UIN Suska Gelar Workshop Silabus dan SAP

ilustrasi

PEKANBARU - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau menggelar Workshop Penyusunan Silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP), Jumat-Sabtu (6/7/12).

Workshop yang dilaksanakan di Hotel Dian Graha, Jalan Gatot Subroto Pekanbaru itu diikuti seluruh dosen yang mengajar di FDIK UIN Suska. Sedangkan narasumbernya adalah guru besar IAIN Surakarta Prof Dr Usman Abubakar, MA, dengan moderator Dr Nurdin Halid, MA.

Wakil Dekan II FDIK UIN Suska Ginda, MAg, mewakili Dekan FDIK UIN Suska, dalam sambutannya saat membuka workshop tersebut mengatakan, kegiatan ini ditujukan untuk menyeragamkan format penyusunan silabus dan SAP di FDIK UIN Suska. "Dan yang lebih penting lagi, workshop ini diharapkan bisa memberikan wawasan kepada para dosen dalam menyusun silabus dan SAP yang jauh lebih baik, yang mampu mensinergikan secara harmonis antara ilmu pengetahuan dan teknologi dengan nilai-nilai agama Islam," harap Ginda.

Usman Abubakar dalam pemaparannya, mengingatkan, para pengelola lembaga pendidikan Islam harus rasional dan solutif. "Makanya harus mampu mengintegrasikan antara ilmu pengetahuan dengan nilai-nilai Islam," ujarnya.

Ditegaskan Usman, para ilmuwan muslim harus meyakini bahwa sumber ilmu pengetahuan adalah Allah SWT, sedangkan manusia hanya menjalankan fungsinya melakukan pencarian dan mengkaji ilmu Allah. "Di sinilah bedanya epistimologis ilmu pengetahuan menurut pandangan ilmuwan Barat dengan ilmuwan muslim," ujarnya. (rep1)