Fokus Rohil

Libatkan Posyandu, Diskes Rohil Sweeping Penderita Kaki Gajah

ilustrasi

BAGANSIAPIAPI - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggandeng kader posyandu dan petugas puskesmas disemua daerah untuk melakukan sweeping kepada penderita kaki gajah. Sweeping ini bertujuan agar seluruh penderita kaki gajah mendapat pengobatan gratis secara massal tahap kedua, Desember ini.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan Rohil, dr H Muhammad Junaidi Saleh M Kes, Sabtu (7/12/2013). "Pengobatan massal terhadap penderita kaki gajah (filariasis) yang kita lakukan tahap kedua ini bukan hanya sekedar menunggu pasien. Bahkan, dengan melibatkan kader posyandu dan petugas puskesmas, kita juga menggelar sweeping untuk menemukan penderitanya agar diobati. Kegiatan (sweeping) seperti ini sudah dilaksanakan sejak sepekan terakhir hingga dua belas hari ke depan," ujar Junaidi.

Berkaitan dengan itu, tambah Junaidi, pihak Diskes Rohil mengimbau masyarakat untuk datang ke posyandu dan pelayanan kesehatan terdekat guna mendapatkan obat pemberantas filariasis. "Intinya, untuk suksesnya pelaksanaan ini, tidak terlepas dari dukungan dan peran serta dari semua pihak termasuk masyarakat yang ada disemua daerah," tegasnya.

Sambungnya, jika upaya ini dirasa masih kurang dalam memberantas kaki gajah, Diskes Rohil telah menyiapkan kebijakan lain dengan memperpanjang masa sweeping ke rumah warga. "Sweeping dilaksanakan oleh petugas kesehatan dan kader. Semoga saaj target kita bebas dari kaki gajah dapat tercapai," harapnya. (rep1)