Fokus Rohil

Diskanlut Terus Kembangkan Budidaya Ikan

ilustrasi

BAGANSIAPIAPI - Dinas Perikanan dan Kelautan ((Diskanlut) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) bertekad terus mengembangkan budidaya perikanan di semua daerah. Kegiatan ini untuk mencukupi kebutuhan ikan kolam, tambak dan keramba supaya daerah sentra produksi perikanan tetap terjaga.

"Fungsi kita itu selain melakukan pengawasan juga mengembangkan potensi di sektor perikanan. Salah satu yang sedang dilaksanakan itu adalah program budidaya perikanan," sebut plt Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Rohil, Muhammad Amin, Sabtu (7/12/2013).

Sambungnya, Bahkan Diskanlut akan terus memantau dan membantu pembudidayaan ikan yang dilaksanakan oleh masyarakat dan kelompok tani. "Jadi bagi masyarakat dan kelompok tani yang berhasil sekalipun terus kita bina agar kegiatan mereka bisa terus berkembang. Dengan keberhasilan kegiatan budidaya perikanan tersebut, setidaknya mampu memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Salah satu diantaranya sektor pendapatan masyarakat bisa meningkat," harapnya.

Disinggung mengenai titik puncak targetnya, Amin meyakini pihaknya akan melepas petani ikan sampai kondisinya benar-benar tak membutuhkan pembinaan dan penyuluhan Diskanlut jika sudah benar-benar mapan. "Atas keberhasilan itulah, kita tetap terus mencoba mengembangkan budidaya perikanan. Nanti, kalau penati ikan sudah benar-benar mahir membudidayakan ikan, dan tak membutuhkan Diskanlut lagi, barulah kita lepas mereka. Karena, kegiatan yang dilakukan petani ikan saat ini memang masih membutuhkan bimbingan, namun perlu ditingkatkan lagi," jelasnya. (rep1)