Fokus Rohil

Tekan Angka Kemiskinan, Pemkab Rohil akan Bangun 930 RLH

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) tahun 2014 kembali mendirikan 930 unit Rumah Layak Huni (RLH) di 186 desa di 15 kecamatan yang ada. Pendirian RLH ini tetap pada komitmen Pemkab Rohil bertujuan menekan angka kemiskinan, sebab, RLH itu diperuntukkan bagi warga miskin itu sendiri. 
 
Kini, program itu tengah dirancang Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Rohil yang menangani program tersebut. "Rencana tahun 2014, Pemkab Rohil melalui Bapemas kembali membangun 5 unit RLH di setiap desa. Jumlah desa kita sebanyak 186 desa. Jadi, totalnya bisa mencapai 930 unit," ujar Kepala Bapemas Rohil, Hj Murniwati SKM, Kamis (5/12/2013). 
 
Namun demikian, sambungnya, program tersebut belum final karena masih terus dibahas dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2014. "Semoga saja program ini dapat direalisasikan. Karena tujuannya untuk menekan angka kemiskinan sesuai komitmen Pemkab Rohil. Tapi saya optimis program ini direspon positif DPRD dalam pembahasan RAPBD nanti," harapnya. 
 
Dijelaskannya, program RLH tahun 2014 berbeda dengan tahun sebelumnya. "Tahun lalu dan tahun 2013 ini, RLH yang dibangun setiap desa jumlahnya sangat bervariasi. Yakni antara dua hingga tiga unit untuk setiap desa, tetapi tahun 2014 masing-masing desa mendapatkan 5 unit. Supaya angka kemiskinan cepat menurun. Jadi warga Rohil sudah tinggal di rumah layak huni," jelas Murniwati.
 
Selain membangun RLH di setiap desa, sambungnya, Pemkab Rohil melalui instansi terkait juga sudah menyiapkan sejumlah program pendukung RLH itu sendiri. Diantaranya, membangun kolam ikan serta memberikan pohon buah-buahan di pekarangan RLH. "Hasil kolam dan buah-buahan tersebut dapat dimanfaatkan penghuninya. Sehingga, taraf hidup masyarakat miskin bisa terangkat," harapnya. (rep1)