Puswil Soeman HS Tambah Koleksi Sejarah

Warga Belanda Serahkan Visual Bandara SSK Tahun 1935

ilustrasi/net

PEKANBARU - Pustaka Wilayah (Puswil) Soeman HS kembali menambah koleksi sejarah tentang Provinsi Riau, dimana, koleksi sejarah itu adalah visual Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II yang direkam tahun 1935. Visual itu semula koleksi pribadi warga Belanda bernama Prof Dr Bob FH Deys.

Penyerahan dokumen sejarah tersebut, langsung diterima Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Riau, Chairul Riski, Selasa (03/12/2013) oleh Bob FH Deys. "Visual ini akan menjadi koleksi kita. Ini tentunya akan semakin memperkaya wawasan kita tentang Riau," kata Riski di sela menerima dokumen dari Bob FH Deys yang hadir dengan istrinya Willy Deys Van Gurk.

Menurut Bob, video tersebut diambil oleh ayahnya bernama Fh Deys, seorang dokumenter dari Belanda di Pekanbaru. Orang tua Bob sendiri juga merupakan tenaga ahli irigasi pada masa pendudukan Belanda. Salah satu irigasi yang sudah dibuatnya adalah di daerah Muara Uway, Bangkinang Seberang, Kabupaten Kampar.

Tampak dari video tersebut, sebuah pesawat baling-baling DC 2 parkir di areal landasan, yang disebut Bob asih bersifat darurat . Sementara video diambil masih hitam putih

"Jadi kira-kira dua minggu lalu, Mr Bob menemukan dokumen. Disitu diyakini adalah bandara Pekanbaru yang kini bernama SSK II," ujar Riski. (rep1)