Riau Raya

Target PAD Pekanbaru Terlampaui

ilustrasi
PEKANBARU - Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) menyatakan pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kota (Pemko)  Pekanbaru over target. Dari target yang dipatok untuk pencapaian PAD tahun 2013 sebesar Rp228 miliar, sampai saat ini telah melebihi target yakni Rp250 miliar. 
 
Kabid Pendataan Dispenda Kota Pekanbaru, Depris Hatmaja, Selasa (4/11) menyatakan hal tersebut. "PAD yang terbesar didapat dari sektor pajak hotel dan restoran, sementara PAD terendah dari pajak penangkaran walet. Ini disebabkan karena si wajib pajak ketika ditagih sulit ditemui akibat jarang di tempat," katanya.
 
Kendala secara rinci untuk sektor pajak walet, selain pemiliknya jarang di tempat, ternyata usaha penangkaran walet sering berubah-ubah nama perusahaannya. "Sering kejadian seperti ini. Ketika didata, nama didaftar berbeda dengan nama perusahaan dan lokasi penagkaran," sebutnya. 
 
Dispenda sendiri sudah beberapa kali melayangkan surat kepada pengusaha sarang walet, namun tidak pernah digubris. "Kalau sudah seperti itu, kita langsung usulkan penutupan penangkaran walet ke Badan Pelayanan Terpadu (BPT), selaku yang mengeluarkan izin resmi usaha. Sebab, data yang kita miliki dari 97 usaha penagkaran, jumlah itu ternyata berbeda ketika di lapangan," tegasnya. (rep05/mtr)