Nasional

Mendikbud Wisuda 232 Sarjana Diploma PCR

PEKANBARU - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh, mewisuda 232 sarjana Diploma III (Ahli Madya) dan Diploma IV (Sarjana Sains Terapan) Politeknik Caltex Riau (PCR), Minggu (01/12/2013). Diacara wisuda sarjana PCR ke-10 itu, M Nuh juga meresmikan gedung serba guna PCR sebagai fasilitas tambahan belajar mengajar mahasiswa. 
 
Secara rinci, lulusan Diploma yang diwisuda itu terdiri dari 133 sarjana Diploma III (Ahli Madya) dan 99 sarjana Diploma IV (Sarjana Sains Terapan). Dengan diwisudanya para sarjana itu, M Nuh, mengharapkan PCR yang menjadi sebuah institusi pendidikan diminta terus mengembangkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya Riau.
 
"Pengembangan kualitas pendidikan di Indonesia sejalan dengan visi PCR yang menjadikan Politeknik unggul yang mampu bersaing menghadapi tantangan masa depan. Pada wisuda kali ini, saya harapkan para sarjana Diploma III dan IV lulusan PCR sebanyak 232 orang ini mampu menjawab tantangan masa depan," harap M Nuh dalam keterangan persnya kepada sejumlah wartawan.
 
Apalagi, sambung M Nuh yang mendapat bocoran dari PCR, sampai diwisudanya sarjana, Minggu kemarin, untuk angkatan ke-10, maka jumlah alumni PCR yang menjadi sarjana telah mencapai 1.638 orang. "Saya dapat informasi bahwa lulusan PCR merupakan anak negeri yang berkarya. Maka itu, aset berharga bangsa ini diharap dapat terus mewujudkan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia," pinta Mendikbud RI itu. 
 
Belakangan, PCR meraih berbagai pencapaian seperti Program Hibah Kompetisi Peningkatan Mutu Pendidikan Politek ini (PHK PMPP) dari pemerintah pusat tiga tahun berturut-turut. Hal itulah yang membuat Mendikbud RI ini bangga dengan PCR. "Politeknik ini bukan tambah kecil, namun tumbuh semakin besar. Lima tahun pertama sejak awal berdiri, laporan yang saya terima memang didukung PT Caltex Pasifik Indonesia (CPI). Namun tahun selanjutanya, berkembang dengan sendirinya, lihat saja, banyak fasilitas yang mendukung di kampus ini," ujarnya bangga. 
 
Bahka, tegasnya, universitas di Riau lainnya belum tentu bisa memiliki fasilitas seperti yang ada di PCR. "Ruangan belajar yang besar seperti di PCR belum tentu dimiliki universitas lainnya. Perkembangan pendidikannya juga sangat bagus," sebutnya sambil mengaku M Nuh telah mengelilingi kampus PCR. (rep1)