Didanai APBN

Proyek Pelabuhan Bagansiapiapi Mulai Dikerjakan

Hasil tangkapan ikan nelayan Rokan Hilir. (rep1)

BAGANSIAPIAPI - Proyek pengembangan Pelabuhan Bagansiapiapi di tepian sungai Rokan, Kawasan Batu Enam, mulai dikerjakan. Proyek tersebut seluruhnya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2013.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Ibus Kasri melalui Kepala Bidang Laut, Marzuki, Selasa (26/11/2013). Diakuinya, proyek tersebut Sebagian dari proyek lainnya yang didanai APBN di Rohil. "Ya, sudah dimulai pengerjaanya," sebutnya membenarkan.

Proyek itu, tambah Marzuki, direncanakan pengerjaannya melalui tiga tahapan. "Tahap pertama pemancangan tiang pondasi dengan kedalaman 200 meter. Dan, tahun 2014, pemancangan dilanjutkan dengan kedalaman sekitar 100 meter. Sedangkan untuk tahap kedua, pelaksanaan pengecoran trestel serta dermaga pelabuhan. Selanjutnya tahap tiga pengerukan areal pelabuhan. Sehingga, kapal-kapal bisa leluasa bergerak untuk keluar masuk di pelabuhan tersebut," paparnya.

Lanjutnya, pelabuhan kargo atau barang itu berkapasitas daya tampungnya sekitar 700-800 ton. "Dana pembangunan proyek, semuanya disediakan APBN. Untuk tahap awal ini, dianggarkan sekitar Rp40 miliar. Sedangkan, Pemkab Rohil hanya menyediakan lahan seluas 9,5 hektar," kata Marzuki. (rep1)