Pengamanan Pilgubri

Polres Rohil Gelar Apel Serpas

APEL SERPAS - Kapolres Rohil, ABKP Tonny Hermawan R Sik memipin apel pengamanan Pergeseran Pasukan (Serpas) Pilgubri putaran di halaman Mapolres, Seni
UJUNG TANJUNG - Seluruh jajaran Kepolisian Resort (Polres) Rokan Hilir menggelar apel pengamanan Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) putaran kedua, Senin (25/11) di halaman Markas Polres, Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih. Apel ini dipimpin Kapolres, AKBP Tonny Hermawan.
 
Kapolres menegaskan, ratusan personil yang disiapkan harus menjalankan tugas dengan baik. "Saya minta semua anggota yang mengamankan jalannya Pilgubri harus menciptakan rasa aman dan nyaman di tengah-tengah masyarakat. Semua itu demi lancarnya Pilgubri putaran kedua, Rabu (27/11/2013) besok," tegas Tonny Hermawan saat menjadi Insepktur Upacara apel Pergeseran Pasukan (Serpas). 
 
Dijelaskannya, saat ini jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Riau menegaskan bahwa status di seluruh daerah siaga satu. "Laksanakan tugas dengan baik. Sehingga di Rokan Hilir tidak ada gejolak saat pencoblosan Pilgubri putaran kedua nanti. Karena, peranan dan tugas polisi harus mengacu pada fungsinya melindungi masyarakat," perintahnya kepada anggota kepolisian. 
 
Yang terpenting, sambung Kapolres, sebagai anggota kepolisian, harus menjaga netralitas. "Jangan ada anggota polisi yang berpihak ke salah satu calon manapun. Sebagai anggita Polri, kita tidak mempunyai hak dipilih atau memilih. Tidak ada yang melibatkan diri pada politik praktis sekalipun ada hubungan pribadi maupun institusi dengan salah satu calon Gubernur dan wakil Gubernur," jelas Kapolres.
 
Selanjutnya, sambung Tonny, anggota kepolisian tidak akan terlibat langsung kecuali memberikan pengawalan dalam penghitungan suara di TPS hingga di KPU. "Polisi tidak melakukan perhitungan suara, karena tidak mau menimbulkan polemik, kecuali memberikan pengaman. Ini agar menghindari hal-hal yang menimbulkan polemik.  Sekali lagi saya tegaskan, anggota polisi yang bertugas di TPS tidak boleh menghitung suara," sebutnya. 
 
Tonny Hermawan menerangkan, jumlah personil yang disiapkan sebanyak 510 personil dan dibantu Brimobda Sumut sebanyak 32 personil. "Seluruh anggota harus memahami dan berperan aktif dalam pelaksanaan pengaman Pilgubri. Ini demi menjaga stabilitas keamanan untuk menghindari keresahan masyarakat," pintanya. (rep1)