Pilgubri Putaran II

Agus Widayat Gagal Kampanye di Dumai

PEKANBARU - Calon Gubernur-Wakil Gubernur Riau, Kamis (21/11/2013) mulai melakukan kampanye. Sesuai ketetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, pasangan nomor urut 1, Herman Abdullah-Agus Widayat kampanye di zona 1 yang meliputi Pekanbaru, Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Dumai dan Bengkalis. Sedangkan pasangan nomor urut 2, Annas Maamum-Arsyadjuliandi Rachman kampanye di zona 2 yang meliputi Siak, Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kepulauan Meranti dan Kuantan Singingi.
 
Sesuai peraturan KPU, kampanye pasangan calon pada Pemilukada putaran kedua harus dilakukan di ruang tertutup. Peraturan itu pula yang menggagalkan rencana kampanye 'blusukan' Agus Widayat di Dumai, Kamis (21/11/2012). Wakil Walikota Dumai itu sebelumnya dijadwalkan 'blusukan' ke pasar-pasar tradisional dengan dipimpin istrinya, Onny Chairunnisyah Widayat.
 
Ratusan pendukung Herman-Agus padahal sudah berkumpul di rumah dinas Wakil Walikota Dumai itu di Jalan Putri Tujuh, Dumai sejak pukul 08.00 WIB. Mereka dikawal puluhan personel dari Polresta Dumai. Karena kampanye ala Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) ini gagal terlaksana, tim sukses pasangan Herman-Agus yang kecewa akhirnya membubarkan diri satu per satu.
 
Sejumlah sumber menyebutkan, Agus Widayat sebelumnya dijadwalkan 'blusukan' di pasar tradisional, seperti Pasar Jaya Mukti, Pasar Senggol dan mengunjungi beberapa pemukiman warga Dumai. "Rencana kampanye itu tidak jadi karena dalam peraturan KPU tidak diperbolehkan 'blusukan' melainkan harus dialog bersama warga di ruang tertutup," kata salah satu tim sukses Herman-Agus, Jasril.
 
Sementara itu, Herman Abdullah kemarin kampanye di Gelanggang Olahraga di Desa Boncah Kesuma, Kecamatan Kabun, Rokan Hulu. Herman yang didampingi tim kampanye provinsi dan kabupaten disambut masyarakat dari seluruh etnis.
 
"Seluruh etnis hadir di sini, masyarakat menyambut antusias dengan calon gubernur yang tak pernah tersandung kasus hukum ini. Karena itu sudah sewajarnya didukung. Herman Abdullah nomor satu, nomor satu menang," ujar Ketua Tim Herman Centre Kabupaten Rokan Hulu, Tedy Mirzadal saat berorasi seperti dilansir goriau.com.
 
Pada hari kedua kampanye, Jumat (22/11/2013) hari ini, Herman dijadwalkan kampanye di Kecamatan Lirik, Indragiri Hulu. "Semua persiapan sudah dilakukan oleh tim. Pak Herman akan turun langsung di Lirik," kata Ketua Tim Pemenangan Herman, Yusman Amin.
 
Yusman mengatakan, kampanye yang hanya tiga hari akan dimanfaatkan semaksimal mungkin. "Kita tidak muluk-muluk, tapi berharap 75 persen hak suara ada pada kita sehingga meraih kemenangan di pemilihan putaran kedua ini," jelasnya. (rep1)