Riau Raya

Riau Siaga Satu Amankan Pilgubri

Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo
PEKANBARU - Kepolisian Daerah (Polda) Riau menetapkan status siaga satu untuk pengamanan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) putaran kedua 27 November mendatang. Dalam mengantisipasi kondisi darurat yang bisa mengancam keamanan dan ketertiban ini, Riau dibantu kepolisian tiga provinsi tetangga.
 
Kepala Polda Riau, Brigadir Jenderal Polisi Condro Kirono melalui Kepala Bidang Hubungan Masyarakat, Ajun Komisaris Besar Polisi Guntur Aryo Tejo, Kamis (21/11/2013) mengatakan siaga satu sudah dinyatakan sejak 18 November 2013 lalu. "Siaga satu baru akan berakhir pada 8 Desember 2013," katanya. 
 
Untuk pengamanan Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) putaran kedua tersebut, lanjut Guntur, Polda menurunkan 6.666 personel. "Personel itu dari Polresta, Polres dan Polsek jajaran Polda Riau. Pasukan ini sudah disiagakan sejak 7 November 2013 lalu," ungkapnya.
 
Guntur mengatakan, pengamanan khusus Pilgubri akan dilakukan hingga 10 Januari 2014 mendatang. "Pengamanan itu mulai dari kampanye, hari pencoblosan, perhitungan hingga pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih," jelas mantan Kepala Kepolisian Resort Pelalawan tersebut. (rep1)