Ditransfer ke Rekening

4.171 Siswa Miskin Rohil Terima BSM

net
BAGANSIAPIAPI - Sebanyak 4.171 siswa sekolah swasta dari keluarga miskin di Kabupaten Rokan Hilir menerima dana Bantuan Siswa Miskin (BSM), dari Kementerian Agama RI. BSM itu disalurkan melalui rekening siswa masing-masing dengan besaran dana Rp360 ribu untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), Rp550 ribu untuk siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Rp1 juta untuk siswa Madrasah Aliyah (MA) setiap tahun. 
 
"Sejak Jumat (15/11) pekan lalu dana BSM itu sudah ditransfer ke rekening siswa yang berhak menerimanya. Secara keseluruhan, total siswa miskin dari sekolah swasta di Rohil yang terdaftar dan berhak menerimanya sebanyak 4.171 siswa," ujar Kepala Kantor Kemenag Rohil, H Agutiar S Ag, Senin (18/11/2013).
 
Secara rinci, jelasnya, dari 4.171 siswa miskin itu meliputi, 1.690 siswa MI, 1.616 siswa MTs dan 865 siswa MA. "Transfer dananya melalui Bank Syariah Mandiri. Adapun besaran dana yang diterima masing-masing, untuk siswa MI sebesar Rp360 ribu, siswa MTs sebesar Rp550 ribu dan Rp1 juta untuk siswa MA dalam per tahun. Dana BSM itu boleh digunakan siswa hanya untuk membeli buku dan alat tulis, membeli baju seragam sekolah, untuk transportasi ke sekolah dan lainnya. Yang dananya diperuntukkan buat kepentingan proses belajar di Madrasah," tegas Agustiar.
 
Sarat penerima BSM, tegas Agustiar, siswa bersangkutan harus benar anak orang miskin dengan bukti kepemilikan kartu penerima Bantuan Langsung Tunai Masyarakat (BLSM) yang dimiliki orangtua siswa. "Kemudian, siswa harus benar-benar tidak memiliki biaya sekolah, anak yatim dan anak dari golongan orang miskin lainnya. Semua persyaratan itu harus pula dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala desa/lurah," papar Agustiar. (rep1)