Jadi Lumbung Padi

Pemkab Bakal Kembangkan Pematang Sikek

BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Annas Maamun memiliki rencana besar mengembangkan daerah pertanian padi di Kepenghuluan Pematang Sikek, Kecamatan Rimba Melintang. Daerah penghasil padi terbesar ini akan dibangun infrastruktur jalan.

 
"Dulu waktu sawit jadi primadona, Kepenghuluan Pematang Sikek tetap bertahan dengan tanaman padi. Makanya waktu saya jadi bupati pada periode lalu hingga saat ini memiliki rencana bahwa Kepenghuluan Pematang Sikek akan dibangun infrastruktur sampai ke Kepenghuluan Pematang Tukiran. Dulu, rencana saya daerah ini akan saya bangun jalan dua jalur dan bangun masjid. Tetapi batal karena masyarakatnya tidak kompak," ungkap bupati disela panen raya di Kepenghuluan Pematang Sikek, Jumat (19/4) lalu.
 
Dikatakannya, lokasi Pematang Sikek sangat bagus untuk dijadikan areal pertanian padi. Daerah ini menjadi andalan program ketahanan pangan di Kabupaten Rohil. "Yang terpenting, sekarang masyarakat harus fokus membangun daerahnya, karena tidak mungkin orang lain yang membangunya. Persoalan ifrastrukur biar menjadi urusan pemerintah daerah," sebutnya.
 
Dalam mengembangkan industri pertanian padi, jelasnya, harus dimotori para kelompok tani. Sebab, kelompok tani sangat membantu petani sejahtera. "Saya sudah bicarakan 40 kelompok tani di Pematang Sikek akan dibentuk koperasinya untuk membantu petani sendiri. Kalau sudah ada koperasi petani sejahtera. Kedepan, kita akan buat logo karung beras Rohil," ujarnya. (rep-01)