Politik

Ini, Zona Kampanye Pilgubri Putaran Kedua

PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau menetapkan zona kampanye Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) putaran kedua yang akan diikuti oleh pasangan Herman Abdullah-Agus Widayat dan Annas Maamum-Arsyadjuliandi Rachman. Kampanye dibagi dalam dua zona.
 
Zona 1 meliputi Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis. Sedangkan zona 2 meliputi Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kabupaten Kuantan Singingi.
 
"Pasangan nomor urut 1 (Herman Abdullah-Agus Widayat) pada hari pertama, 21 November, berada di zona 1 dan pasangan nomor urut 2 (Annas Maamum-Arsyadjuliandi Rachman) di zona 2," kata anggota KPU Riau, Heryanti Hasan ketika mengumumkan zona kampanye tersebut di Pekanbaru, seperti dilansir antarariau.com, Minggu (17/11).
         
Pada hari kedua, lanjut dia, pasangan nomor urut 1 di zona 2 dan pasangan nomor urut 2 di Zona 1. "Pada hari ketiga, 23 November, kedua pasangan sama-sama berkampanye di Pekanbaru. Kota Pekanbaru pada hari ketiga untuk kedua pasangan calon karena Pekanbaru adalah Ibukota Provinsi Riau," kata Heryanti.
         
Menurutnya, pemilihan zona dilakukan oleh tim sukses pasangan calon. Karena hanya ada dua pilihan, penentuannya dilakukan dengan cabut lot. Tim pasangan Herman-Agus mendapat giliran pertama. Nomor lot yang didapatkan adalah nomor 1 dan otomatis pasangan nomor 2, Annas-Andu mendapatkan nomor lot 2.
 
Disepakati sebelumnya pasangan yang mendapat nomor lot 1 akan mendapatkan zona kampanye 1 pada hari pertama dan pasangan nomor 2 di zona 2. Esoknya berganti pasangan nomor urut 2 di zona 1 dan pasangan nomor urut 1 di zona 2. Penentuan zona telah disepakati sebelumnya bersama kedua tim pasangan calon, KPU dan Bawaslu Provinsi Riau.
 
Dalam jadwal dan tahapan Pilgubri putaran kedua, saat ini jadwalnya adalah pertemuan antara KPU, Bawaslu dan pasangan calon membahas tentang kampanye. Pembahasan ini dilakukan tiga hari mulai dari kemarin sampai 19 November besok.
 
Kampanye sendiri dilakukan pada 21 November sampai 23 November. Masa tenang tiga hari juga mulai 24 November sampai 26 November. Adapun hari H pemungutan suara pada 27 November 2013.
 
Kampanye di Ruangan Tertutup
KPU mengingatkan tim sukses pasangan calon untuk mengurus izin kampanye kepada kepolisisan setempat. "Kami ingatkan juga kepada tim pasangan calon untuk mengurus izin kampanye dari kepolisian berkoordinasi dengan KPU kabupaten/kota," kata Ketua KPU Riau, Edy Sabli.
         
Lokasi persis kampanye hingga kemarin belum ditentukan. Hal ini akan dikoordinasikan dengan KPU kabupaten/kota, tapi yang jelas tempatnya adalah ruangan tertutup dan waktunya adalah 21-23 November. Selain itu untuk jumlah peserta yang akan mengikuti kampanye tidak ditentukan. Hanya saja itu tentu sesuai dengan kapasitas tempat dalam artian tidak boleh melebihi kapasitas.
 
KPU menginstruksikan pasangan calon apabila tempatnya telah ditentukan segera mengurus izin dari kepolisian meskipun dilakukan di ruang tertutup. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi dugaan pelanggaran Pemilukada. (rep1)
 
Zona 1 :
 
Kota Pekanbaru
Kabupaten Kampar
Kabupaten Rokan Hulu
Kabupaten Rokan Hilir
Kota Dumai
Kabupaten Bengkalis
 
Zona 2: 
 
Kabupaten Siak
Kabupaten Pelalawan
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Kepulauan Meranti
Kabupaten Kuantan Singingi
 
Jadwal Kampanye
 
21 November 2013
Zona 1: Herman Abdullah-Agus Widayat
Zona 2: Annas Maamum-Arsyadjuliandi Rachman
 
22 November 2013
Zona 1: Annas Maamum-Arsyadjuliandi Rachman
Zona 2: Herman Abdullah-Agus Widayat
 
23 November 2013:
Dua pasangan calon sama-sama kampanye di Pekanbaru.
 
24-26 November 2013: Masa tenang
27 November 2013: hari H pemungutan suara di TPS.