Sport

Van Persie Hattrick, MU Juara Liga Inggris

Manchester - Manchester United memenangi gelar Liga Primer Inggris untuk kali ke-20 usai mengalahkan Aston Villa 3-0 di Old Trafford, Selasa dini hari WIB.

Kemenangan ini menambah koleksi poin Setan Merah di puncak klasemen dengan 84 poin, unggul 16 poin atas tim peringkat kedua, Manchester City yang hanya menyisakan lima pertandingan lagi. Dengan demikian posisi MU di puncak sudah tak mungkin lagi dikejar.

MU sendiri masih menyisakan empat pertandingan lagi dan jika bisa memenangi semuanya, mereka bakal melewati rekor poin terbanyak di Liga Primer Inggris, 95 poin, yang dicatat Chelsea di musim 2004/2005.

Robin van Persie menjadi bintang dengan memborong ketiga gol kemenangan MU ke gawang Villa masing-masing di menit kedua, ke-13 dan ke-33.

Dengan koleksi 20 gelar Liga Primer, MU merupakan tim yang mencatat rekor gelar juara terbanyak di kompetisi elite Inggris ini.

Ini juga merupakan gelar Liga Primer ke-13 bagi pelatih Alex Ferguson yang kini telah mengoleksi total 49 trofi di level klub sepanjang kariernya sebagai pelatih.

Di hadapan publik Old Trafford yang siap berpesta, MU langsung melakukan start impresif dengan membobol gawang Villa saat pertandingan belum genap dua menit berjalan lewat gol Van Persie memanfaatkan umpan Ryan Giggs menyusul kombinasi apik dari Wayne Rooney, Antonio Valencia dan Rafael Da Silva.

Pemain asal Belanda ini membukukan gol keduanya di menit ke-13, kali ini dengan menyelesaikan umpan Rooney.

Gol ketiga Van Persie yang dibuat di menit ke-33, lagi-lagi melibatkan Giggs yang menerima bola dari Shinji Kagawa sebelum menyodorkannya kepada Van Persie di kotak penalti. Hattrick ini menambah koleksi mantan pemain Arsenal itu menjadi 24 gol dan untuk sementara memimpin daftar top scorer.

Meski telah memastikan gelar juara, MU baru akan menerim trofi Liga Primer Inggris pada pertandingan terakhir mereka di kandang musim ini melawan Swansea City pada 12 Mei mendatang.

Rival MU, Manchester City, memberikan ucapan selamat kepada tetangganya, Manchester United, yang berhasil menjuarai Liga Primer Inggris 2012/2013.

"Selamat buat Manchester United atas keberhasilannya menjuarai gelar Liga Inggris 2012/2013," cuit City di @MCFC, Selasa, 23 April 2013. (rep03)