Sport

Munich vs Barcelona, Duel Penuh Atraksi

MUNICH - Pertempuran antara raksasa Bavaria Bayern Munich melawan raksasa La Liga Barcelona dalam leg pertama Semifinal Liga Champions 2012/2013 di Allianz Arena, Rabu (24/4) dinihari WIB, layak disebut sebagai pertarungan dua gaya menyerang nan atraktif. Duel antar lini bakal berlangsung sengit.

Seperti diketahui, di musim ini, kedua tim yang saat ini merajai kompetisi domestik itu merupakan dua kubu yang tampil produktif di gelaran akbar Eropa, dengan Barcelona mengemas 18 gol sejauh ini, dan Bayern yang mampu menggelontor 22 gol.

Berbicara mengenai lini per lini, baik Bayern dan Barcelona bisa dibilang seimbang, lantaran di masing-masing posisi dihuni oleh pemain-pemain terbaik. Jika Barcelona memiliki Lionel Messi, maka kubu Bavaria punya Dante, yang kiranya bisa meredam pria Argentina itu.

Dante tampil lugas di lini bekalang Bayern kala berhadapan dengan Juventus. Kini, ia akan diuji oleh pemain terbaik dunia berjuluk Messiah. Faktor tinggi badan mungkin akan memenangkan Dante dalam duel bola udara, namun bisa jadi kehebatannya dalam menggalang pertahanan akan sedikit diuji oleh Messi yang memiliki kecepatan dan dribble di atas rata-rata.

Sedangkan di lapangan tengah, Bastian Schweinsteiger dari Bayern akan beradu kecerdikan dengan Xavi Hernandez di kubu Los Cules. Dua pemain ini layak disebut sebagai maestro lini tengah untuk masing-masing tim, karena dari merekalah skema serangan bermula.
 
Seperti dilansir goal.com, Schweinsteiger telah mencatatkan tiga assists sejauh ini, hanya kalah satu sumbangan dari Xavi. Untuk duel semifinal leg pertama, baik Pelatih Bayern, Jupp Heynckes dan Pelatih Barca, Tito Vilanova dipercaya akan memberi instruksi khusus untuk menghentikan alur bola dari dua pemain gelandang ini.

Duel keras juga dipastikan akan melibatkan striker FC Hollywood Mario Gomez dengan bek Barcelona Gerard Pique. Meski penampilannya di ajang Liga Champions musim ini terbilang minim, namun secara perlahan Gomez telah kembali menemukan kehebatannya. Dalam dua partai terakhir, striker Tim Nasional Jerman itu bahkan mampu mengemas lima gol, sebuah tanda yang menunjukkan bahwa ia tengah on fire, dan sekaligus menjadi sinyal bahaya bagi Pique untuk meminimalisir daya eksplosif supaya tidak terjadi bencana.

Sedangkan di bawah mistar gawang, kiper Bayern Manuel Neuer akan adu kehebatan dengan kiper Barca Victor Valdes. Dari statistik yang ada, kedua kiper ini memiliki catatan yang hampir sama. Akan tetapi, pengalaman mungkin akan menguntungkan Valdes lantaran ia sudah tampil di ajang Liga Champions sejak musim 2002/03, dan telah mengoleksi tiga medali juara di sepanjang kariernya bersama Blaugrana.

Sihir Messi
Lionel Messi masuk ke dalam skuad yang dibawa Barcelona menyambangi markas Bayern. Fakta tersebut memantik rasa optimisme para penggawa El Barca, salah satunya yang bersuara lantang akan kembalinya La Pulga adalah Dani Alves.

Bek sayap kanan asal Brasil itu merasa Messi akan sanggup menghadirkan sihir yang bakal membuat Blaugrana unggul di atas Bayern sekalipun berlaga di Allianz Arena. "Kehadiran Messi sanggup mengubah banyak hal. Menakuti lawan kami dan membuat fans Barca antusias. Karena kita di sini membicarakan orang terbaik, karena ia punya kekuatan sihirnya sendiri," ucap Alves. "Messi adalah pemain terbaik di dunia, kekuatannya sanggup mengubah keadaan tak peduli itu di dalam maupun di luar lapangan," tambahnya.

Kondisi Messi jadi berita yang sangat dinantikan pemain, manajemen sampai fans Barcelona. Pesepakbola terbaik dunia itu mengalami cedera hamstring saat tampil menghadapi Paris Saint Germain di Perempatfinal Liga Champions.

Messi kemudian dimainkan pada leg kedua, dan punya kontribusi besar untuk meloloskan The Catalans, namun kondisinya sempat dikabarkan memburuk. Isu tersebut belakangan dibantah oleh Barcelona.

Faktanya, dalam dua sampai tiga hari terakhir Messi sudah ikut berlatih bersama rekan-rekannya. Meski belum sepenuhnya dinyatakan fit, dia tetap dibawa serta ke Jerman.

Untuk laga di Allianz Arena, Barcelona belum akan diperkuat Carles Puyol dan Javier Mascherano yang mengalami cedera. Lini belakang skuad besutan Tito Vilanova juga ditinggal Adriano yang dapat hukuman larangan bertanding.

Winger Bayern, Franck Ribery yakin timnya bisa mengatasi ketangguhan Barcelona. Ribery juga menegaskan, melihat performa The Bavarians, dia yakin timnya akan menguasai sepakbola Eropa tahun ini.
 
Bayern sudah memastikan gelar Bundesliga musim ini, setelah dua musim berturut-turut diraih Borussia Dortmund. Ribery pun kian yakin setelah Bayern bakal bermain di partai puncak DFB Pokal melawan Stuttgart 2 Juni mendatang.
 
"Tahun ini kami memiliki kesempatan untuk memenangkan Liga Champions," kata Ribery, seperti dilansir bola.net. "Ini adalah pertandingan antara dua tim terbaik di Eropa dengan pemain terhebat," lanjut mantan pemain Marseille ini.

"Kami tidak stres, juga tidak takut pergi ke dalam pertandingan nanti. Barca akan selalu menjadi tim yang hebat, dan dalam beberapa tahun terakhir mereka telah memenangkan banyak trofi," jelasnya. "Namun, tim Bayern kini jauh lebih kuat dari beberapa tahun yang lalu. Kami telah banyak berkembang," tandasnya. (rep02)