Parlemen

Cagubri harus Rangkul Dunia Pendidikan Islam

PEKANBARU - Calon Gubernur Riau yang akan bertarung pada Pilgubri Putaran II nanti diharapkan bisa merangkul dunia pendidikan Islam khususnya kalangan pesantren. Sebab, pesantren memiliki peran yang strategis dalam kemajuan suatu daerah.
 
Harapan itu disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Keluarga Alumni Pondok Pesantren Dar El Hikmah (PB IKAPDH) Pekanbaru, Karyono SHI HPd MH kepada media dalam rilisnya, Rabu (13/11). Dia juga berharap proses demokrasi Pilgubri  putaran II yang akan dilaksanakan 27 november 2013 berjalan damai, aman, tertib dan lancar. 
 
"Masyarakat sudah cukup cerdas dalam menentukan pilihan. Sebab itu, kita dari keluarga besar alumni pesantren mengharapkan agar calon gubernur yang akan di pilih benar-benar pemimpin yang memiliki jejak rekam (track record) yang baik, prilaku yang terpuji, menjaga amanah, serta dapat berkontribusi nyata terhadap dunia pendidikan Islam yaitu pesantren," katanya.
 
Karyono yang dalam kesehariannya bekerja sebagai staf ahli anggota DPR RI ini menekankan, agar alumni dapat mengawal dan memastikan proses Pemilihan Gubernur Riau ini berjalan dengan baik, jujur, dan adil tanpa adanya praktek money politic dan pemaksaaan kehendak dari masing-masing calon kepada masyarakat.
 
Sebelumnya, Musyawarah Nasional (Munas) IV PB IKAPDH Pekanbaru dilaksanakan 10 November  2013 /6 Muharram 1435 H lalu di Gedung Pertemuan Lanud TNI AU Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Kegiatan ini diikuti seluruh alumni Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru angkatan  ke-1 sampai angkatan ke- 17 yang ada diseluruh daerah yang merupakan utusan dari setiap Pengurus Wilayah di masing masing provinsi yang sduah terbentuk. Jumlah peserta sebanyak 500 orang.
 
Kegiatan ini juga dihadiri pengasuh Pondok Pesantren Dar El Hikmah, Kiyai Miftah Syarif MAg, Wakil Pimpinan Bidang Kesantrian, Ust Djefrin E Hulawa MAg serta civitas akademik pondok pesantren yang lainya. Agenda utama kegiatan ini adalah mendengarkan laporan pertanggungjawaban pengurus PB IKAPDH masa bhakti 2011-2013 dan memilih Ketua Umum baru masa bhakti 2013-2016. Dalam agenda pemilihan ketua umum di sepakati secara musyawarah mufakat untuk memilih  Karyono SHI SPd MH sebagai Ketua Umum PB IKAPDH masa Bakti 2013-2016.
 
Menurut Karyono, alumni Pondok Pesantren Dar El hikmah kini udah tersebar di semua daerah dan sudah berkiprah di berbagai profesi mulai dari ulama, birokrat, pengusaha, politisi, dosen, tanaga pengajar, TNI dan Polri serta tenaga medis merupakan aset berharga yang tentu harus ditata dan dikelola. "Agar kekuatan besar ini dapat terkoordinir secara sistematis sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi almamater dan masyarakat luas," katanya. (rep1)