Fokus Rohil

Darussalam Bakal Dialiri Listrik

BAGANSIAPIAPI - Kepenghuluan yang baru dimekarkan di Kecamatan Sinaboi, yakni Darussalam bakal dialiri listrik dalam waktu dekat. Pembangunan jaringan listrik tengah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dan PLN. 
 
"Kita sudah lihat bagaimana kondisi Kepenghuluan Darussalam. Sebagai daerah yang baru dimekarkan, tak lama lagi masyarakat akan menikmati aliran listrik. Selain itu, peningkatan fasilitas sarana dan prasarana lainnya juga tengah di arahkan ke sana," tegas Wakil Bupati Rohil, H Suyatno, Rabu (13/11/2013). 
 
Fasilitas aliran listrik di daerah itu diakui Suyatno memang terbatas. Makanya Pemkab Rohil berupaya melengkapinya. "Jaringan listrik bukan tidak ada, tetapi masih terbatas. Makanya perlu ditingkatkan. Inilah tugas pemerintah utnuk agar daerah ini tersentuh jaringan listrik hingga ke pelosok. Yang jelas menjadi skala prioritas," sebut Suyatno.
 
Mengingat ketersediaan listrik cukup penting, maka masyarakat di Kepenghuluan Darussalam mendapatkan arus listrik dengan mengoperasikan mesin genset. Untuk satu mesin genset terkadang sampai mengaliri arus listrik ke empat atau lima unit rumah. Selain itu, listrik dari mesin genset tersebut hanya dapat dioperasikan di waktu malam hari saja.
 
Program prioritas lainnya, tambah Suyatno, yakni menyangkut bidang pelayanan kesehatan. Salah satu diantaranya yakni perlunya membuka pustu untuk wilayah Kepenghuluan Darussalam. Sehingga, masyarakat di Kepenghuluan Darussalam bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. "Keberadaan pustu itu sangat penting. Karena, pustu itu merupakan perpanjangan tangan dari dinas kesehatan. Makanya, pelayanan kesehatan untuk Darussalam, turut diprioritaskan," jelasnya. (rep1)