Fokus Rohil

2014, Diskes Rohil Dirikan 5 Pukesmas Baru

BAGANSIAPIAPI - Dinas Kesehatan (Diskes) Rokan Hilir memprogramkan pendirian 5 unit puskesmas di di beberapa kecamatan tahun 2014 mendatang. Tujuannya tak lain meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat yang selama ini sulit dijangkau.
 
"Kita sudah ajukan anggaran pembangunan 5 unit puskesmas itu ke Bappeda Rohil. Dan tahun 2014 akan didirikan di Kecamatan Bangko, Tanah Putih Tanjung Melawan, Sinaboi, Bangko Pusako dan Rimbang Melintang," ujar Kepala Diskes Rohil, HM Junaidi Saleh M Kes, Rabu (13/11/2013) di ruang kerjanya.
 
Diakuinya, penambahan puskesmas bertujuan karena kelima kecamatan ini memiliki jumlah penduduk yang besar. Sehingga, warga kerap ngantri untuk mendapatkan layanan kesehatan. "Dengan dibangunnya kelima puskesmas itu nantinya, warga tak perlu berdesak mendapatkan layanan kesehatan," harapnya.
 
Selain penambahan pukesmas, Diskes juga terus melakukan pembenahan fasilitas layanan kesehatan, termasuk mengganti peralatan medis  yang sudah rusak karena dimakan usia, termasuk juga posyandu. "Penggantian alat medis dari yang rusak menjadi baru sangat dibutuhkan. Malahn posyandu juga kita lakukan pembenahan. Malahan, Diskes menambah tunjangan kesejahteraan bagi petugas," terangnya. 
 
Dengan begitu, lanjutnya, program Rohil Sehat 2014 dapat terwujud. "Untuk itu, kit mengharapkan Pemerintah Kecamatan segera menyediakan lahan supaya tahun 2014 pendirian puskesmas dapat berjalan dengan baik. Karena, kita sedang menunggu laporan itu dari kecamatan," sebut Junaidi. (rep1)