Sosialita

Pemuda Banyak Tak Tahu Hari Pahlawan

PEKANBARU - Ironis, Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November justru banyak tak diketahui lagi oleh masyarakat. Kejadian memilukan ini berkemungkinan akibat rakyat yang mulai melupakan jasa para pahlawan.  

Bahkan ketika ditanyai nama-nama pahlawan, hanya sedikit yang diketahui warga. "Saya awalnya tidak tahu haru ini hari apa, tapi setelah melihat di televisi, tadi pagi (kemarin) baru saya ingat hari ini Hari Pahlawan," kata Rudi (22) seorang mahasiswa UR, Minggu, (10/11/2013).
 
Rudi hanya mengetahui sedikit dari nama-nama pahlawan yang ada di Indonesia. "Ya saya tahunya cuma sedikit dan tidak terlalu banyak hafal nama-nama pahlawan Indonesia, soalnya banyak sih," kata tersimpul malu. 
 
Sementara itu, Sulastri (29) warga Sukajadi sama sekali tidak tahu bahwa hari ini adalah hari pahlawan. "Ya saya memang tidak tahu kalau hari ini hari pahlawan, cuma kalau dibilang gini ya saya jadi tahu," katanya singkat.
 
Untuk memperingati hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) pada tanggal 9 November mengirimkan pesan singkat yang berisi "10 Nopember kita kenang Perjuangan Pahlawan Bangsa. Pada pukul 08:15 serentak bunyikan sirene dan klakson selama 60 detik, lalu pukul 08:16 Hening Cipta". (rep1)