Politik

KPU Sortir Kertas Suara Pemilukada Riau Putaran Kedua

BAGANSIAPIAPI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rohil tengah melakukan penyortiran kertas suara Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau putaran kedua, 27 November mendatang. Proses penyortiran itu mulai dilakukan pekan lalu. 

Demikian dikatakan Ketua KPU Rohil, Azhar Sya'ban, didampingi anggota KPU Rohil Agus Salim. Dijelaskannya, penyortiran itu termasuk melakukan pelipatan kertas suara sebelum disalurkan ke seluruh kecamatan. "Penyortiran kita targetkan selesai dalam waktu dekat sebelum disalurkan ke masing-masing kecamatan," sebut Azhar, Senin (11/11/2013). 
 
Tambahnya, untuk menganti kekurangan kertas suara buram, kabur atau rusak, KPU mendapat tambahan kertas suara 2.5 persen, hingga menunggu logistik lainya menyusul, seperti formulir, tinta, pulpen, spidol, paku dan lainya. Saat ini, KPU tegah konsentrasi mempersiapkan bilik suara yang sudah masuk ke KPU sebanyak 1.320 kotak.
 
"Kita libatkan seluruh pegawai honor dan tambahan untuk tugas melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara. Tugas ini mnejadi bagian yang paling berat bagi KPU sebelum melakukan pelipatan kertas suara. KPU belum tahap pendistribusian, karena KPU masih konsentrasi mempersiapkan bilik suara," papar Azhar.
 
Lebih jauh di jelaskanya, dalam proses Pemilukada Putaran kedua tugas Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilakukan perpanjanga tugas, perpanjang dilakukan melalui sk perubahan."SK Perubahan dilakukan karena adanya putaran kedua, sebab kalau tidak tugas mereka sudah habis. Perpanjangan tugas PPK dan PPS dasarnya surat KPU propinsi, kecuali KPPS surat keputusanya nya baru dibentuk kembali." jelasnya. (rep1)