Bantuan Pusat

Syahbandar Bagansiapiapi Bangun Pelabuhan Baru Rp2,45 Miliar

BAGANSIAPIAPI - Syahbandar Cabang Bagansiapiapi mendapat bantuan Pemerintah Pusat Rp2,45 miliar untuk mendirikan pelabuhan baru. Kini, proyek itu tengah dikerjakan di kawasan perairan Batu Enam, Bagansiapiapi dan ditargetkan selesai 2014 mendatang.

"Kita (Syahbandar, red) telah membangun pelabuhan baru di kawasan Batu Enam, tepatnya di pingiran laut Bagansiapiapi. Pembangunan ini atas bantuan Pemerintah Pusat sebesar Rp2,45 miliar, dan saat ini masih tahap pekerjaan," ujar Kepala Syahbandar Bagansiapiapi, Baslan Damang, Senin (11/11/2013).
 
Menurutnya, dalam tahap Pembangunanya Pemerintah pusat telah mengucurkan dana bagi pembangunan tahap awal Pelabuhan Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yakni Rp2,45 miliar. Dan anggaran tersebut sudah di gunakan beberapa perencanaan seperti pembersihan lokasi pelabuhan, pemagaran lokasi dan pembangunan basecamp untuk pekerja.
 
"Pada tahap awal pembangunan pelabuhan Bagansiapiapi ini, pusat mengucurkan dana Rp2,45 miliar dan dana ini sudah digunakan untuk pembersihan lokasi, pemugaran dan pembangunan basecamp bagi pekerja, dalam pembangunan pelabuhan ini Pemkab Rohil menyediakan lahan sementara pemerintah pusat mengerjakan pisik bangunannya," tegas Baslan.
 
Lanjutnya, dalam upaya pembangunan pelabuhan Bagansiapiapi yang baru, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak Pemdakab Rokan Hilir maupun dengan pemerintah pusat. "Alhamdulillah upaya kita diterima dengan baik, malah gagasan perlunya pelabuhan yang baru mendapat dukungan yang sangat positif dari Pemda Rohil dan pemerintah pusat setelah beberapa kali ekspose kita lakukan di Jakarta maupun di sini, dan usulan kita ini terrnyata di kabul oleh pusat yaitu untuk mendirikan pelabuhan baru," jelasnya.
 
Lokasi pembangunan pelabuhan yang berada di kawasan pinggir laut perairan Bagansiapiapi itu, tegasnya. sudah merupakan kebutuhan dengan pertimbangan bahwa pelabuhan milik Pelindo di Bagansiapiapi dinilai sudah tidak layak lagi,"Pelabuhan milik Pelindo juga ada di Bagansiapiapi ini, tetapi  sepertinya sudah tidak layak lagi digunakan. Lihat saja secara kasat mata, sudah tidak memenuhi standar lagi saat ini," bebernya. 
 
Keseriusan Pemdakab Rohil, akunya, dalam pembangunan pelabuhan Bagansiapiapi yang baru ini cukup bagus. Pemkab Rohil menyediakan lahan yang lebih dari cukup untuk pembangunan suatu pelabuhan yang berlokasi di kawasan Batu Enam yang juga berada di pinggir laut perairan Bagansiapiapi. Sedangkan Pemerintah Pusat membantu dalam pendanaan pembangunan hingga selesainya nantinya.
 
"Selain itu Pemda Rohil juga sudah membangun akses jalan masuk menuju lokasi pelabuhan yang akan kita bangun. Jadi dukungan yang diberikan Pemda Rohil sangat kita hargai. Kalau pembangunan pelabuhan ini sudah selesai, saya yakin kan membawa dampak positif bagi Rohil maupun bagi penduduk Bagansiapiapi nantinya," paparnya. (rep1)